Diet Mayo, Apasih Itu?

Diet Mayo, Apasih Itu?

Informasi Terkini – Sebenarnya, apasih yang dimaksut diet itu sendiri?

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Namun, di Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Sebenarnya, diet itu sendiri tidak diperuntukkan hanya bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, namun juga untuk menjaga kesehatan, misalnya bagi penderita diabetes, darah tinggi, ginjal, jantung, asam urat, dan penyakit lainnya yang dianjurkan untuk diet.

Di dalam program diet sendiri banyak sekali macam diet. Ada yang diet sehat ada yang tidak. Nah, kali ini saya akan membahas tentang apasih diet mayo? Apakah efektif untuk menurunkan berat badan? Dan apakah sehat bila diterapkan jangka panjang? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian dari diet mayo sendiri adalah salah satu jenis diet yang kini sedang banyak dicoba untuk menurunkan berat badan. Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat, serta menekan resiko penyakit, seperti diabetes.

Dalam diet mayo, kita harus menghilangkan lima kebiasaan tidak sehat yang diganti dengan gaya hidup sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat, seperti camilan, makanan berlemak, diganti dengan mengkonsumsi sarapan sehat, empat porsi sayur dan tiga porsi buah per hari.

Dalam diet mayo, terdapat piramida makanan yang merupakan panduan gizi. Piramida tersebut menempatkan sayur dan buah sebagai konsumsi terbanyak, kemudian disusul oleh asupan karbohidrat, daging, susu, dan lemak.

Diet mayo juga mendorong aktivitas fisik dan olahraga. Bertujuan untuk membantu tubuh membakar kalori. Olahraganya tidak perlu langsung berjam-jam, namun bisa dimulai dengan 15-30 menit terlebih dahulu. Dilakukan secara rutin dan bertahap, agar diet yang dijalankan berhasil.

Adapun asupan jumlah kalori yang masuk ketubuh setiap harinya adalah 1.200 kalori. Jadi, untuk asupan 1.200 kalori per hari, terdiri dari 4 porsi sayur atau lebih, 3 porsi buah atau lebih, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau susu, dan 3 porsi lemak.

Jadi, apabila dilihat dari penjelasan diatas, diet mayo jelas sehat, karena menu dalam diet ini adalah sayur mayur dan buah-buahan. Jadi, terbukti diet ini efektif untuk diterapkan dalam mengganti kebiasaan makan makanan yang tidak sehat, menjadi makanan yang sehat.