Dinkes Palu Berikan Penyuluhan Pada Kelompok Potensi Penularan HIV/AIDS Ini

Dinkes Palu Berikan Penyuluhan Pada Kelompok Potensi Penularan HIV/AIDS Ini

Informasi Terkini – Menurut data dari Dinas Kesehatan di Palu mencatat bahwa sebanyak 622 orang terkena kasus HIV/AIDS dan 98 warga meninggal dunia akibat terkena infeksi penyakit HIV/AIDS yang menyebar. Data ini dicatat mulai tahun 2002 hingga 2017.
Dari data ini, kepala Dinas Kesehatan Palu, Royke Abraham, menuturkan bahwa pihaknya memberikan upaya melalui sosialisasi, pencegahan preventif, dan beberapa hal lainnya. Hal ini diharapkan, tidak ada lagi virus HIV/AIDS yang menyebar di kalangan warga masyarakat. Selain itu, Dinkes Palu juga berharap tak ada lagi diskriminasi pada penderita penyakit ini.
Menurut Royke, populasi yang merupakan kunci yang menjadi sumber penularan dari infeksi HIV/AIDS ini di antaranya kelompok PSK, pekerja salon, panti pijat, komunitas waria, komunitas lelaki suka lelaki atau gay, serta hotel hingga club malam.
Dari beberapa kelompok di atas, Dinkes Palu akan memberikan penyuluhan dan pendampingan oleh konselor yang sudah berpengalaman agar mereka menjadi lebih terbuka dan lebih siap untuk mengikuti program tes darah sukarela serta mengikuti program pengobatan dan rehabilitasi mental tanpa takut diskriminasi.
Dinkes Palu melakukan hal ini dengan bekerja sama organisasi keagamaan seperti MUI, Nahdlatul Ulama, Gereja, dan masih banyak lainnya.