Edwards Syndrome, Penyakit Genetik Yang Serang Janin

Edwards Syndrome, Penyakit Genetik Yang Serang Janin

Informasi Terkini – Ada beberapa penyakit yang sulit ditemukan namun dampaknya bisa sangat serius bagi kesehatan tubuh. Salah satunya Edwards Syndrome. Penyakit yang juga dikenal dengan nama trisomi 18 ini adalah penyakit yang berasal dari genetik. Penyakit ini memiliki dampak pada kesehatan yang sangat serius. Dari sebuah penelitian diungkapkan perkiraan bahwa hanya setengah dari janin yang memiliki penyakit ini yang akan lahir dengan selamat.
Ini merupakan penyakit genetik. Jadi, janin yang akan lahir yang orangtuanya memiliki riwayat penyakit ini, mereka (janin) kemungkinan akan selamat atau tidak selamat. Hanya sekitar 5-10% bayi yang memiliki penyakit ini dan dapat hidup hingga tahun pertamanya.
Setiap sel yang ada pada tubuh manusia memiliki 23 pasangan kromosom, yang membawa gen yang diturunkan dari Ayah dan Ibu. Dan bagi anak yang mengalami penyakit ini, Edwards Syndrome memiliki 3 copy pada kromosom 18 yang seharusnya ia hanya memiliki satu pasang atau dua copy saja.
Adanya kelebihan atau tambahan pada kromosom inilah yang menjadi penyebab gangguan pada perkembangan normal. Di beberapa kasus, kebanyakan timbulnya penyakit ini tidak diturunkan, namun terjadinya kelainan saat terjadi pembelahan sel dan hal ini terjadi secara acak.