Essence, Serum, Dan Booster, Perlukah?

Essence, Serum, Dan Booster, Perlukah?

Informasi Terkini – Essence, Serum, dan Booster memiliki fungsi yang hampir sama, sehingga membuat ketiga produk perawatan wajah ini menjadi hal yang cukup sulit dibedakan sehingga banyak pertanyaan muncul, seperti ‘Bagaimana tahapan pemakaiannya?’ atau ‘Perlukah kita memakai ketiganya?’ atau ‘Apakah hanya salah satu saja?’ Lalu apa perbedaan essence, serum, dan booster sih?

Bagi Anda yang baru saja beralih ke Korean skincare , Anda pasti masih bingung saat dihadapkan pada istilah-istilah baru yang cukup berbeda dari perawatan wajah ala negara barat seperti essence, serum, dan booster ini. Jika Anda termasuk yang masih bingung, yuk simak ulasan berikut ini agar tahu cara membedakan ketiganya.

1. Booster

Booster sering disalah artikan sebagai toner. Teksturnya memang cair seperti toner,namun booster merupakan produk perawatan yang berbeda dari toner meskipun booster bisa digunakan sebagai toner. Bingung? Booster merupakan pre-essence atau pre-serum yang mengandung bahan tertentu yang memberikan nutrisi tambahan dan membuat produk lainnya bekerja dengan lebih baik. Tapi, booster juga terkadang memiliki efek eksfoliasi sehingga beberapa diantaranya juga dapat dipakai sebagai pengganti toner. Namun tidak semua brand kecantikan mengeluarkan produk ini, jadi bila kamu ingin memakai ini, sebaiknya cari brand yang mengeluarkan produk booster ini.

2. Essence

Essence merupakan produk yang memiliki konsentrat bahan aktif yang cukup tinggi, namun tidak lebih tinggi dari serum. Essence memiliki tekstur yang lebih cair dibanding serum sehingga sering disebut sebagai ‘serum ringan’. Istilah ini sebenarnya cukup merepresentasikan fungsi dan tekstur essence itu sendiri, dimana berguna untuk mengatasi masalah kulit tertentu namun tidak memiliki tekstur seberat serum.

3. Serum

Serum merupakan produk perawatan yang berfungsi secara intensif untuk menjawab permasalahan spesifik kulit karena memiliki konsentrasi kandungan aktif yang tinggi. Serum juga memiliki partikel lebih halus sehingga mudah terserap ke lapisan kulit paling dalam. Serum biasanya hadir dalam kemasan 30 hingga 50 ml.

Namun, pada beberapa brand kecantikan tertentu, serum dan essence dapat memiliki definisi dan fungsi yang sama, tergantung dari brand yang mengeluarkannya. Pada produk perawatan Korea dan Jepang, banyak yang menggunakan istilah essence untuk mengganti penggunaan istilah serum.

Untuk cara dan urutan pemakaiannya sebenarnya mudah saja. Pakailah produk yang memiliki tekstur paling cair terlebih dahulu sebelum memakai produk selanjutnya. Yaitu: Cleanser – Toner – Booster – Essence – Serum. Selamat mencoba Ladies.