Gejala Difteri Pada Anak Ini Segera Diobati

Gejala Difteri Pada Anak Ini Segera Diobati

Informasi Terkini – Akhir-akhir ini maraknya kasus difteri menyerang anak-anak. Penyakit ini dengan mudahnya menyerang anak-anak yang belum lengkap dalam imunisasi difteri. Gejala awalnya biasanya seperti demam dengan suhu tubuh yang tidak setinggi saat influenza. Hal itulah yang sering membuat mereka seolah tidak merasa sakit sehingga tidak segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau pelayanan kesehatan.
Selain demam tidak terlalu tinggi, anak yang terkena penyakit difteri akan mengalami sakit pada tenggorokannya. Hal ini membuat ia menjadi malas makan. Bila anak sudah mengalami kondisi ini, seharusnya orangtua segera mengerti dan melihat apa yang terjadi pada tenggorokan anak, apakah itu difteri atau penyakit lain.
Difteri biasanya juga ditandai dengan munculnya putih-putih di dalamm tenggorokan. Bila anak mengalami hal seperti itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau layanan kesehatan terdekat agar anak Anda bisa memperoleh pengobatan sesegera mungkin.
Kuman penyebab difteri atau yang sering dibseut kuman Corynebacterium diphtheria dapat menyebabkan selaput putih muncul di daerah tenggorokan. Hal ini bila tak segera diatasi akan membuat tenggorokan anak menjadi tersumbat. Jika lama-lama tersumbat anak bisa meninggal dunia.
Selain menyerang tenggorokan, kuman difteri ini juga bisa terdapat di daerah hidung yang dampaknya bisa menyebabkan anak pilek namun mengeluarkan darah dan memiliki bau yang tidak sedap.