Gejala Ini Mungkin Terjadi Saat Tubuhmu Kelebihan Garam

Gejala Ini Mungkin Terjadi Saat Tubuhmu Kelebihan Garam

Informasi Terkini – Saat tak diberi bumbu tambahan, seperti garam, makanan akan terasa hambar. Hal inilah yang menyebabkan sebagian besar orang mengonsumi garam yang berlebihan di setiap harinya. Padahal, mengonsumsi garam berlebihan itu dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh.
Masalah yang mungkin sering muncul dari garam yang berlebihan ini adalah hipenatremia. Penyakit ini bisa timbul dengan gejala-gejala di bawah ini.
1. Sulit berpikir jernih
Karena jumlah garam yang berlebihan di dalam tubuh menyebabkan pikiran menjadi terganggu. Akibatnya kita akan sulit untuk berpikir jernih, sulit berkonsentrasi hingga muncul kebingungan. Hal ini tentu akan menghambat aktivitas Anda.
2. Terus mengalami haus
Fungsi garam bagi tubuh adalah untuk menyeimbangan cairan. Karena banyak garam yang ada ditubuh bisa membuat terjadinya ketidakseimbangan cairan tubuh. Kemudian, tubuh pun mencoba untuk membuang jumlah garam yang berlebihan dengan cara memerintahkan otak kita untuk merasa haus.
3. Pembengkakan tubuh
Kelebihan jumlah garam dalam tubuh bisa memungkinkan terjadinya pembengkakan pada pergelangan tangan, kaki, mata, dan wajah.
4. Batu ginjal
Karena terjadi peningkatan jumlah protein pada urin akibat jumlah garam yang terlalu tinggi membuat ginjal bekerja dengan keras untuk membuang kelebihan yang tidak dibutuhkan tubuh. Hal ini bisa berujung pada penyakit batu ginjal.
5. Luka pada lambung
Tingginya jumlah garam dalam tubuh bisa merusak sehingga membuat luka pada lambung.
6. Kram otot
Dalam garam terdapat sodium potassium balance yang berfungsi untuk kontraksi otot. Jika ini bekerja berlebihan bisa menimbulkan kram tubuh.
7. Sakit kepala
Hal ini biasanya sering terjadi saat Anda selesai makan makanan asin. Pembuluh darah yang melebar membuat darah memompa menjadi lebih cepat.