Gunakan Cara Ini Agar Pori-Pori Kulit Tak Terlihat Besar

Kulit memiliki pori-pori yang digunakan untuk bernapas. Namun, tampilan pori-pori yang besar pun terkadang bikin kita tidak percaya diri. Padahal, ukuran pori-pori kulit itu ditentukan oleh DNA sehingga tidak ada solusi permanen yang dapat meminimalisirnya.

Eitsss, jangan sedih dulu! Beberapa cara di bawah ini ternyata bisa meminimalisir bentuk pori-pori kulit jika dilakukan secara teratur. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Cuci muka secara teratur

Mencuci muka bukan hanya rutinitas dasar perawatan kulit yang harus dilakukan. Namun, cara ini ternyata bisa membuang kotoran yang tersumbat dalam pori-pori. Kotoran inilah yang bikin pori-pori tampak mengembang dan besar.

Selain cuci wajah, Anda juga harus rutin membersihkan alat kecantikan, seperti kuas make up. Jika tidak, kotoran mungkin akan mudah menempel di kulit dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

2. Eksfoliasi dua kali dalam seminggu

Selain cuci wajah ada tahap eksfoliasi kulit yang bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati. Hal ini akan membuat wajah lebih sehat dan lembut. Cara untuk melakukannya pun bisa menggunakan produk fisik maupun bahan kimia.

3. Bersikap lembut pada kulit

Saat menggunakan skincare, pastikan untuk melakukannya dengan lembut agar tidak merusak pori-pori kulit.

4. Melembapkan kulit dua kali dalam sehari

Jangan biarkan kulit kering dan memproduksi minyak berlebihan yang kemudian menyumbat pori-pori kulit. Untuk itu, gunakan selalu pelembap yang berlabel nonton comedogenic sehingga tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit.

5. Gunakan tabir surya setiap hari

Penggunaan tabir surya tidak boleh ditinggalkan dalam rutinitas perawatan kulit. Hal ini dikarenakan produk tabir surya dirancang untuk melindungi paparan sinar UV yang dapat memberikan efek buruk pada kulit, yakni memecah kolagen dan elastin yang membuat pori-pori semakin besar.