Hati-Hati, Ini 7 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Memicu Migrain

Hati-Hati, Ini 7 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Memicu Migrain

Informasi Terkini – Anda sering diserang sakit kepala yang berdenyut kencang pada satu sisi saja? Nah, ini tandanya Anda sedang terserang migrain. Penyakit migrain memang belum punya penyebab pasti, karena penyakit ini disebabkan oleh multifaktor. Meski begitu, beberapa penelitian menunjukkan ada beberapa faktor eksternal dan internal yang dapat memicu penyakit ini, seperti faktor stres, kurang tidur, serta efek samping beberapa jenis obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

Selain itu, pola gaya hidup Anda juga bisa memengaruhi munculnya migrain, seperti pemilihan makanan yang dikonsumsi. Untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa memicu migrain, hal ini umumnya harus diuji pada tiap individu. Makanan yang menyebabkan migrain pada Anda, belum tentu menghasilkan efek yang sama pada orang lain. Namun, memang ada beberapa makanan yang sudah pasti dapat memicu sakit kepala sebelah. Apa saja? Coba cek berbagai menu berikut ini.

1. Daging Olahan

Menu daging olahan seperti sosis, nugget atau daging ham memiliki senyawa nitrit yang dapat berpengaruh buruk pada sistem neurotransmitter serta sistem saraf tepi. Pada kasus migrain, nitrit akan mendorong kontraksi saraf dan otot pada kepala menjadi semakin kuat, sehingga gejala migrain akan semakin hebat terjadi. Jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami migrain, sebaiknya mulai membatasi diri untuk mengonsumsi jenis makanan ini, ya.

2. Keju

Selain kurang baik bagi para pemilik kulit acne prone, ternyata makanan olahan susu, berupa keju, juga memberi efek yang kurang baik bagi mereka yang rentan mengalami migrain. Keju dengan metode fermentasi yang memakan waktu lebih lama memiliki kandungan senyawa thyramine yang cukup tinggi. Senyawa ini memengaruhi aktivitas pembuluh darah dan sistem saraf yang dapat memperburuk migrain. Maka itu, saat mengalami stres atau kurang tidur, ada baiknya Anda menghindari makanan yang menggunakan keju sebagai bahan utama.

3. Makanan Dengan MSG

Meski belum ada riset kuat yang menunjukkan cara kandungan MSG (Monosodium Glutamat) dapat memicu dan memperburuk migrain, namun kandungan ini terbukti turut berperan dalam meningkatkan keluhan migrain. Hal ini dibuktikan oleh riset University of British Columbia di tahun 2016 yang menunjukkan bahwa MSG merupakan senyawa yang sanggup memengaruhi kinerja saraf otak.

4. Cokelat

Meski nikmat dikonsumsi dalam berbagai jenis olahan, namun nyatanya cokelat dapat memberi reaksi berbeda bagi oang yang mudah terkena migrain. Sebuah studi menunjukkan bahwa 5 dari 12 orang penderita migrain cenderung sensitif terhadap cokelat dan merasakan sakit yang lebih kuat setelah mengonsumsi cokelat. Kondisi ini diduga terjadi karena cokelat mengandung senyawa phenylethylamine yang bekerja secara stimulan pada sistem otak dan saraf, sehingga dapat menyebabkan ketegangan otot dan saraf kepala yang berkaitan dengan migrain. Namun, kondisi ini tidak terjadi pada semua penderita migrain, karena ada beberapa individu yang tidak merasakan reaksi berlebih saat mengonsumsi jenis makanan dan minuman berbahan dasar cokelat.

5. Minuman Dengan Pemanis Buatan

Biasanya pemanis buatan banyak dihadirkan pada minuman kemasan. Nah, Anda yang rentan mengalami migrain sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi jenis minuman ini yang banyak dijual di pasaran. Pemanis buatan yang umumnya berupa aspartam dan sakarin dapat memberi pengaruh buruk pada kesehatan otak manusia, seperti merusak kinerja saraf serta menghambat sirkulasi darah.

6. Wine

Meski dapat memberi efek baik jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu, namun anggur merah merupakan jenis minuman yang perlu dijauhi oleh para penderita migrain. Kandungan alkohol yang mampu memanipulasi kinerja sistem neurotransmitter pada otak akan memperkuat nyeri migrain. Selain itu, kandungan flavon dan thyramine yang terdapat pada anggur merah diketahui dapat memperburuk migrain.

7. Minuman Dingin

Jika akhir-akhir ini Anda rentan mengalami migrain, coba mulai perhatikan jenis minuman yang Anda konsumsi. Jika Anda sering mengonsumsi minuman dingin, bisa jadi hal itulah yang menjadi penyebab migrain. Efek beku pada sejumlah titik saraf dari minuman dingin dapat memperparah nyeri di kepala. Bahkan, mengulum es batu dalam mulut selama 90 detik diketahui dapat memicu terjadinya migrain.

Bagaimana? Kini, Anda sudah bisa tahu jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, kan? Selain menjaga kondisi tubuh tetap fit dan menghindari tekanan yang bisa menyebabkan stres mulai sekarang, Anda juga harus mulai memerhatikan pola makanan yang aman dikonsumsi agar gejala migrain tidak kembali muncul, ya.