Hati-Hati, Tiup Terompet Ke Telinga Bisa Rusak Pendengaran

Hati-Hati, Tiup Terompet Ke Telinga Bisa Rusak Pendengaran

Informasi Terkini – Berbagai ciri khas menyambut pergantian Malam Tahun Baru 2018 dilakukan. Ada yang bermain kembang api, makan dengan keluarga, hingga meniup terompet. Bahkan, banyak pedagang terompet yang mendapatkan keuntungan lebih karena terompet mereka laris dibeli.
Namun, terompet yang ditiup memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. Anak-anak bahkan orang dewasa bisa saja bercanda dengan meniupkan terompet ke telinga temannya. Hal ini jangan sampai dilakukan, mengapa? Sebab hal buruk akan mengintai telinga orang tersebut.
Dalam hal ini, suara terompet pun akan terdengar dengan sangat keras ke telinga orang tersebut. Adanya suara yang keras tersebut tentunya bisa membuat ganggaun pada pendengaran orang itu.
Bagian telinga sangat sensitif terhadap suara yang keras, apalagi suara terompet yang secara langsung ditiup di depan telinga. Hal itu sangat berbahaya bagi telinga bagian dalam atau yang disebut koklea. Suara ini bisa merusak sel dan membrane yang ada di koklea. Bahkan yang lebih parahnya, suara ini bisa memekakkan telinga dalam waktu yang lama bisa membuat sel rambut yang ada di telinga mati. Dengan ini otomatis Anda tidak dapat mendengar.
Kerusakan yang sudah menimbulkan seseorang kehilangan pendengaran biasanya bersifat permanen dan tidak dapat diperbaiki lagi.