Hindari Kesalahan Pakai Sunscreen Berikut Agar Make Up Tak Menggumpal

Sunscreen merupakan salah satu produk yang wajib digunakan ketika melakukan rangkaian perawatan kulit wajah atau skincare. Penggunaannya berada di paling akhir sebelum memakai make up. Namun, banyak yang masih mengabaikan terhadap penggunaan sunscreen. Mereka berpikir bahwa adanya sunscreen sebelum memakai make up akan menimbulkan riasan yang tampak tidak rata.

Eitsss, jangan salah paham dulu. Sebenarnya memakai sunscreen itu ada triknya supaya tidak merusak tampilan make up yang kamu gunakan. Bahkan, kulit akan lebih terlindungi dan glowing jika menerapkannya secara tepat. Agar tidak keliru hindari kesalahan berikut saat memakai sunscreen sebelum make up.

1. Tidak membiarkan lapisan skincare dan sunscreen mengeset dulu

Sebenarnya bukan hanya sunscreen, skincare lainnya juga perlu waktu untuk menyerap dengan sempurna di kulit wajah. Nah, pastikan untuk menerapkan tahapan selanjutnya setelah produk yang dipakai tidak terlihat basah di kulit.

Seperti halnya memakai sunscreen. Diamkan terlebih dahulu selama 5-10 menit setelah pemakaian sunscreen baru kamu bisa memakai make up, entah itu bedak atau foundation. Dengan begitu, riasan pun akan terlihat lebih rata dan sempurna.

2. Memilih Sunblock Untuk Berolahraga

Jangan asal, sunscreen memiliki dua jenis yang sangat berbeda, yaitu chemical dan physical. Perbedaan yang dimiliki ini dimulai dan tekstur hingga kesana yang ditampilkan saat digunakan.

Nah, physical sunscreen merupakan produk yang memiliki tekstur kental, berminyak, dan menimbulkan white cast atau tampilan putih pada kulit ketika diaplikasikan. Biasanya, jenis ini terdiri dari sunblock yang dikhususkan untuk aktivitas di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara langsung.

Sunblock dengan jenis ini memiliki desain yang super kuat yang berfungi untuk perlindungan secara maksimal pada kulit. Selain itu, produk ini juga mampu memantulkan sinar UV dan tahan air. Jika digunakan di bawah make up, produk jenis ini akan membuat make up jadi menggumpal dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, perhatikan jenis sunscreen/sunblock yang digunakan dan hindari yang bertuliskan SPORT jika ingin mengenakannya dengan make up.

3. Tidak memperhatikan tekstur

Tak hanya SPF dan spektrum perlindungan saja yang perlu dilihat saat memilih sunscreen. Kamu juga diharuskan untuk membaca formula dan tekstur yang ada pada kemasan produk tersebut. Jika menginginkan sunscreen yang ringan, nyaman, dan tidak bikin make up berminyak, pilih yang memiliki formula water-based dan tekstur gel/serum/essence.