Ingin Wajah Glowing? Ini 5 Langkah Membersihkan Wajah Dengan Tepat

Pori-pori merupakan lapisan folikel di kulit. Karena begitu kecil, pori-pori mudah sekali tersumbat oleh berbagai kotoran. Jika hal ini terjadi, pori-pori akan membesar, menimbulkan jerawat, maupun membuat kulit kusam.

Ada berbagai hal yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Mulai dari polusi, pendingin udara, paparan sinar matahari, make up, hingga perawatan diri yang kurang maksimal. Nah, agar pori-pori kulit tetap terjaga dan terawat dengan baik yuk ikuti lima langkah membersihkan wajah dengan tepat berikut ini.

1. Pilih pembersih sesuai jenis kulit

Bukan menjadi hal yang asing lagi, menggunakan produk pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit akan memberikan hasil yang maksimal. Untuk itu, selalu kenali terlebih dahulu apa tipe dan kebutuhan kulit. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kebersihan wajah yang maksimal.

2. Hapus makeup wajah

Make up bagi wanita adalah teman sejoli yang tak bisa dilepaskan. Sebelum membersihkan wajah dengan sabun, hapus terlebih dahulu make up dengan pembersihnya atau yang biasa dikenal dengan makeup remover. Setelah itu, Anda bisa membersihkan sisanya menggunakan sabun pembersih yang dipunyai. Teknik ini biasanya disebut dengan double cleansing.

3. Gunakan air hangat lalu air dingin

Beberapa orang mengklaim membersihkan kulit wajah dengan air panas akan membantu membuka pori-pori kulit sehingga kotoran didalamnya keluar. Sementara itu, ada pula yang mengharuskan untuk menggunakan air dingin agar pori-pori kulit tidak membesar. Nah, lalu mana yang benar?

Pakailah air suam-suam kuku atau air hangat, ya. Menurut Rebecca Tung, MD, ketua dermatologi di Loyola University Chicago, AS, suhu pada air hangat dapat membuka pori-pori perlahan untuk menghilangkan kotoran dan tidak menjadikan kulit terlalu kering. Setelah itu, bilas dengan sedikit air dingin untuk kembali menutup pori-pori dan memberikan kesegaran kulit.

4. Tepuk-tepuk dengan handuk kering

Cara mengeringkan wajah juga harus diperhatikan. Gunakan cara menepuk-nepuk perlahan menggunakan handuk yang lembut. Lalu, dalam keadaan kulit yang masih lembap, Anda bisa langsung menggunakan skincare selanjutnya sesuai urutan. Pastikan untuk memberikan jeda setiap pergantian skincare agar menyerap dengan sempurna pada kulit.

5. Eksfoliasi dua kali dalam seminggu

Eksfoliasi kulit penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati agar tidak menumpuk pada pori-pori kulit. Namun, melakukannya setiap hari atau terlalu sering juga tidak diperbolehkan. Cukup 1-2 kali seminggu saja sudah cukup.