Jangan Lakukan Lagi, Kebiasaan Ini Ternyata Berpotensi Gagal Ginjal

Tubuh terdiri dari berbagai organ yang memiliki fungsinya masing-masing. Ginjal merupakan organ vital yang memiliki beragam tugas. Mulai dari memproduksi urine, mengendalikan kadar elektrolit tubuh hingga mengatur tekanan darah.

Nah, kesehatan ginjal harus selalu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Bila ginjal mengalami kerusakan, kamu bisa berisiko pada penyakit yang berbahaya. Berikut ini beberapa kebiasaan yang ternyata buruk untuk organ ginjal, apa saja?

Menahan kencing

Siapa yang pernah menahan kencing? Jangan lagi lakukan ini sebagai kebiasaan. Karena urine merupakan zat sisa metabolisme yang perlu dikeluarkan oleh ginjal. Jika kamu menahannya maka dapat memberikan tekanan pada ginjal. Hal ini bisa meningkatkan risiko gagal ginjal

Sering makan makanan asin

Makanan yang tidak asin kerap terasa hambar. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan darah yang lebih mengental daripada sebelumnya. Hal ini memicu hipertensi dan tekanan pada ginjal karena harus bekerja lebih berat untuk menyaring darah tersebut.

Terlalu banyak minum kopi dan soft drink

Dampak dari minum kopi dan soft drink seringkali disepelekan. Padahal terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa merusak ginjal. Kandungan tersebut akan memberatkan ginjal dalam penyaringan darah sehingga ginjal bisa merasa tertekan.

Tidak cukup tidur

Begadang adalah kebiasaan buruk yang harus segera dirubah. Bukan hanya bikin badan pegel dan lemes di keesokan harinya, waktu tidur yang kurang dapat menurunkan kinerja dari ginjal. Karena saat tubuh tidur di malam hari, hal ini menjadi waktu untuk regenerasi jaringan dalam ginjal. Jika masih dibiasakan begadang efeknya dalam jangka panjang bisa memicu gagal ginjal.

Tidak minum air putih

Minum air sangat dibutuhkan untuk mengisi kebutuhan cairan tubuh. Jika hal ini tidak terpenuhi, darah bisa berubah jadu mengental sehingga menyulitkan ginjal untuk menyaring darah. Selain itu, dehidrasi dapat menyebabkan pengeluaran zat sisa jadi terhambat. Jika ini terjadi maka darah akan mengalami penumpukan racun dan berpotensi pada penyakit ginjal.

Selain mengubah kebiasaan di atas, mengonsumsi vitamin juga diperlukan untuk mencegah penyakit ginjal. Seperti yang dilansir dari laman Fimela.com, penelitian menemukan asupan vitamin B6 dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Senyawa ini bisa Anda dapat dalam beberapa makanan, seperti telur, ubi, kentang, susu, dan lainnya.

Jagalah tubuh agar senantiasa sehat, ya!