Jangan Sembarangan! Ini Pertolongan Pertama yang Dilakukan Jika Kulit Alami Sunburn

Menikmati musim panas dengan beraktivitas outdoor atau liburan di pantai memang jadi pilihan yang menyenangkan. Namun, penting untuk selalu melindungi kulit dari teriknya matahari yang dapat mengakibatkan risiko kulit terbakar alias sunburn.

Gejala sunburn biasanya bisa terasa saat kulit terasa gatal, memerah, hingga terjadi pengelupasan kulit. Hal ini tentu menjadi sangat menyakitkan dan membuat aktivitas jadi tidak nyaman.

Terkadang untuk mengganti pakaian saja, kulit akan terasa perih sekali. Di dalam beberapa kasus, sunburn bisa mengakibatkan seseorang sakit kepala, sesak napas, flu, dan demam.

Sebagai pencegahannya, Anda perlu melindungi kulit dengan mengoleskan sunscreen atau sunblock dengan minimal 30 SPF sebelum beraktivitas di luar ruangan. Ulangi pemakaiannya setiap 2 atau 3 jam sekali agar perlindungan kulit tetap maksimal.

Namun bila sunburn tetap terjadi, segera lakukan hal ini untuk pertolongan pertamanya!

Mandi

Jika terdapat tanda-tanda sunburn, segera mandi untuk menenangkan kulit. Pastikan untuk tidak menggosok kulit terlebih dahulu, apalagi dengan sabun. Biarkan kulit berendam sesaat di dalam air. Atau sebagai alternatif, gunakan kompres air dingin pada bagian kulit yang terkena sunburn.

Aplikasikan moisturizer

Setelah kulit lebih tenang, oleskan moisturizer. Langkah ini membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik. Anda bisa memilih aloe vera gel untuk melembapkan kulit sekaligus meringankan kondisi luka pada kulit yang terbakar.

Jangan kelupasi kulit

Kulit kering dan mengelupas biasanya merupakan dampak setelah terjadi sunburn. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya jangan mencabutnya secara sengaja. Hal ini akan menambah luka pada kulit. Sebaiknya segera beri air lalu olesi dengan antibiotik.