Kebiasaan Buruk Di Kamar Mandi Yang Perlu Ditinggalkan

Kamar mandi merupakan tempat yang digunakan untuk membersihkan diri. Umumnya, kamar mandi memiliki tempat yang lembap dan pengap sehingga memudahkan bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Untuk itu, kebiasaan buruk di kamar mandi seperti di bawah ini harus dihentikan. Apa saja?

Tidak menyabuni seluruh tubuh

Air dan sabun memang memiliki fungsi untuk membersihkan badan. Hal ini penting karena sabun sendiri sudah diformulasikan untuk membunuh kuman dan bakteri. Ketika hal ini dilakukan dengan benar, maka tubuh pun akan terlihat bersih dan segar.

Namun, ada beberapa bagian tubuh sangat mungkin dilewati oleh banyak orang ketika memakai sabun. Yaitu area punggung. Bagian ini memang sulit dijangkau sehingga beberapa orang memilih untuk tidak membersihkannya. Padahal hal ini akan berisiko jerawat,ruam, dan infeksi kulit lainnya.

Oleh karena itu, gunakan waslap atau loofah dengan pegangan untuk memudahkannya membersihkan area punggung.

Menyeka dari belakang ke depan

Setelah buang air kecil, kebanyakan orang akan membilasnya dengan cara yang sembarangan. Padahal, hal ini ada aturannya. Pastikan untuk melakukan pembilasan pada area organ intim dengan gerakan dari depan ke belakang. Hal ini akan menghindarkan risiko infeksi saluran kemih akibat bakteri dari anus pindah ke vagina.

Menaruh sikat gigi di tempat terbuka

Semburan air dengan bakteri yang digunakan untuk menyiram toilet bisa dengan mudah menyebar di area kamar mandi, termasuk juga pada pasta gigi. Oleh sebab itu, simpan sikat gigi dengan penutup agar terhindar dari bakteri serta cipratan dari air tersebut.

Membawa ponsel ke kamar mandi

Wastafel di kamar mandi sangat mengandung banyak bakteri. Hal ini dijelaskan oleh Charles Gerba, Ph.D, profesor mikrobiologi dan ilmu lingkungan. Inilah mengapa membawa gadget ke kamar mandi tidak disarankan karena jika ditempatkan pada wastafel, bakterinya akan menempel pada gadget. Padahal, gadget selalu dipegang oleh tangan kita.