Kebiasaan Buruk Tak Perhatikan Kesehatan Gigi Bisa Menyebabkan Masalah Ini

Kebiasaan Buruk Tak Perhatikan Kesehatan Gigi Bisa Menyebabkan Masalah Ini

Informasi Terkini – Masalah gigi mudah sekali dialami oleh seseorang yang tidak memperhatikan kesehatan mulut dan gigi. Masalah itu salah satunya yaitu munculnya plak di gigi. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya bakteri dan sisa makanan yang tidak dibersihkan dan menempel di permukaan gigi. Bila tidak segera di atasi, masalah ini bisa menjadi besar dan berbahaya tentunya.
Menurut drg. Sri Angky Soekanto, PhD., seorang Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, plak pada gigi tidak bisa menghilang dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan tubuh tidak berdiri sendiri. Jadi, untuk mengatasi masalah plak gigi membutuhkan bantuan dari luar yaitu dari diri kita sendiri.
Selain dari bakteri dan sisa makanan yang tak dibersihkan, plak gigi juga bisa terjadi karena kebiasaan menyikat gigi dan flossing atau berkumur yang tidak tepat. Padahal, kedua hal ini merupakan cara yang paling utama untuk mengatasi masalah plak gigi tersebut.
Plak ini tidak terjadi begitu saja. Saat kotoran gigi tidak dibersihkan dalam kurun waktu 48 jam, kotoran ini akan mengeras sehingga menyebabkan munculnya plak gigi. Dan kemudian dalam waktu 7 hingga 10 hari, plak gigi bisa menjadi karang gigi yang lebih sulit diatasi.
Yang selanjutnya masalah ini juga bisa menjadikan peradangan pada gusi atau disebut dengan gingivitis. Lalu, saat gingivitis ini tidak segera diatas dapat menyebabkan radang yang terjadi pada jatingan penyangga gigi atau periodontitis. Periodontitis ini membuat tulang gigi rusak dan membuat gigi mudah terlepas.