Kebiasaan Yang Bisa Merusak Bulu Mata

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Bulu Mata

Informasi Terkini – Melindungi mata dari debu hingga mengatur intensitas cahaya yang masuk, ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan berkat keberadaan bulu mata. Selain dapat melindungi, bagian tubuh ini juga mampu mempercantik mata kita. Tak heran, banyak wanita yang berlomba-lomba merias bulu mata demi mendapatkan tampilan yang cantik. Biasanya banyak wanita yang memilih treatment khusus seperti eyelash extension dan lash lift. Nah, selain memerhatikan kecantikannya, sebaiknya Anda juga perlu memerhatikan kesehatannya karena ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari berpotensi merusak bulu mata. Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Tidur tanpa membersihkan makeup

Lelah beraktivitas seharian membuat kegiatan sesederhana membersihkan makeup terasa sangat berat untuk dilakukan. Apalagi bila makeup yang digunakan bersifat waterproof seperti maskara, misalnya. Meskipun berat, sebaiknya Anda tidak menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, ya! Tidur dengan maskara yang tidak dibersihkan akan membuat bulu mata menjadi kaku, sehingga lebih rapuh terhadap gesekan. Akibatnya, bulu mata pun menjadi lebih mudah patah dan rontok.

2. Kebiasaan menarik eyelash extension

Bila Anda menggunakan eyelash extension, sebisa mungkin hindari kebiasaan menyentuh apalagi menarik helaian bulunya. Eyelash extension ditempelkan pada bulu mata asli Anda. Maka itu, kebiasaan menarik helaian extension akan membuat bulu mata alami Anda tertarik. Lama-kelamaan, bulu mata akan mudah rontok dan dapat menggangu pertumbuhan bulu mata kedepannya.

3.Kurang perhatian terhadap makeup dan tools yang digunakan

Makeup dan tools yang Anda gunakan dapat menjadi sarang bakteri. Jika bakteri ini berpindah dan menumpuk pada bulu mata, Anda berisiko mengalami kerontokan, kerusakan, atau infeksi pada bulu mata. Inilah alasan mengapa perlu memerhatikan masa pakai produk makeup dan kebersihan kuas makeup yang Anda gunakan. Jangan lupa juga untuk membersihkan aplikator makeup yang melakukan kontak langsung dengan bulu mata, seperti eyeliner atau maskara.

4. Terlalu kasar saat membersihkan makeup

Setiap kali menggunakan makeup, kita perlu membersihkannya dengan maksimal. Namun, Anda juga harus ingat untuk membersihkannya dengan lembut, khususnya pada area sensitif seperti mata. Terlebih lagi jika Anda sedang berusaha menghapus produk yang bersifat waterproof, usahakan untuk membersihkannya secara pelan-pelan. Hindari gerakan menggosok terlalu kencang yang dapat menyebabkan bulu mata menjadi rapuh dan rontok.