Konsumsi Pisang Baik Untuk Pencernaan

Konsumsi Pisang Baik Untuk Pencernaan

Informasi Terkini – Di sekitar kita, buah pisang sering dijumpai dan bahkan menjadi favorit banyak orang. Sebab, meski harganya terjangkau, buah berdaging lembut ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya pada organ pencernaan. Seperti apa manfaatnya ya? Ulasannya berikut ini.
1. Mengatasi sakit perut
Sakit perut bisa diatasi dengan mengonsumsi pisang, lho. Kandungan serat yang cukup tinggi di dalam pisang membuat segala gangguan pencernaan teratasi.
2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
Dalam usus besar, bakteri baik harus diberi asupan agar dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Nah, makan pisang yang masih belum masak atau matang dapat menjadi asupan bagi bakteri baik dalam usus besar ini. Dengan begitu, saluran pencernaan pun dapat terjaga kesehatan dan sistem pencernaan meningkat.
3. Mengurangi risiko kanker usus besar
Mengonsumsi buah-buahan serta sayuran secara rutin memang penting bagi kesehatan tubuh. Terlebih lagi pisang. Buah satu ini mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar.
4. Mengatasi konstipasi
Konstipasi atau yang sering disebut dengan sembelit merupakan sakit yang dialami pada sistem pencernaan akibat tinja yang susah dibuang atau dikeluarkan. Hal ini membuat penumpukan tinja yang mengeras. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengonsumsi pisang yang sudah masak sehingga dapat melancarkan buang air besar Anda.
5. Sebagai pelengkap diet
Diet sering kali menjadi hal yang menantang bagi sebagian orang. Untuk menurunkan berat badan memang tidaklah mudah. Namun, bagi Anda yang menjalani diet dengan mengurangi beberapa makanan, Anda bisa mengonsumsi pisang yang dapat membuat perut kenyang lebih lama karena pisang dapat memperlambat proses pencernaan.