Kulit Iritasi? Mungkin 5 Kesalahan Saat Mencuci Wajah Ini Penyebabnya

Mencuci muka memang terlihat sederhana dan gampang. Cukup membasuh wajah dengan air, lalu mengoleskan cairan pembersih wajah dan menggunakan jari tangan untuk membersihkan kotoran di wajah. Namun, ternyata bukan semudah itu. Ada beberapa kesalahan saat mencuci wajah yang rentan bikin kulit iritasi. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan suhu air yang salah

Air yang terlalu panas tidak disarankan untuk digunakan membasuh wajah. Hal ini dikarenakan dapat membuat menjadi sangat kering. Sementara, air dingin tidak akan membuka pori-pori kulit yang menyebabkan kotoran di wajah tidak terangkat sempurna. Nah, suhu air yang paling tepat digunakan untuk mencuci wajah adalah air hangat atau air suam-suam kuku.

2. Terlalu sering mencuci muka

Pemilik kulit kering hanya perlu mencuci wajah dengan sabun pembersih sekali saja dalam sehari, sedangkan kulit berminyak perlu mencuci muka dengan dengan sabun pembersih maksimal dua kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan, terlalu banyak mencuci wajah akan membuat kulit menjadi kering dan mengeluarkan banyak minyak atau sebum untuk menyeimbangkannya.

Jika Anda mencuci wajah satu kali sehari, lakukanlah di malam hari. Hal ini digunakan untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menumpuk di wajah saat siang hari.

3. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi memang penting diperuntukkan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di dalam pori-pori. Namun, teknik eksfoliasi ini ada waktunya tersendiri dan tidak perlu dilakukan setiap hari. Kulit akan menjadi kering dan terkelupas jika sering melakukan eksfoliasi. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi kulit sekali saja dalam seminggu.

4. Menggunakan pembersih wajah yang tidak tepat

Sabun pembersih muka harus sesuai dengan tipe dan kondisi kulit. Nah, bagi kulit berminyak gunakan foaming cleanser, sementara kulit kering gunakan hydrating cleanser. Hal ini dikarenakan produk tersebut tentunya sudah dirancang secara khusus untuk tipe kulit tertentu. Penting pula untuk selalu membaca dan memahami kandungan di dalam produk agar tidak mengiritasi kulit.

5. Menggosok wajah dengan cara yang salah

Ada cara khusus untuk membersihkan wajah yang paling efektif, yaitu dengan teknik lingkaran ke luar. Hal ini akan memberikan manfaat pada aliran darah yang nantinya merangsang kulit yang sehat.