Kulitmu Sehat Atau Tidak? Simak Ciri-Cirinya Berikut

Kulitmu Sehat Atau Tidak? Simak Ciri-Cirinya Berikut

Informasi Terkini – Apakah memiliki kulit putih bersih sudah pasti sehat dan terawat? Belum tentu. Kulit yang bebas dari masalah maupun tanda-tanda tidak normal itu merupakan kulit sehat serta terawat. Untuk lebih jelasnya, pahami beberapa hal ini yang dapat membedakan kulit yang sehat atau tidak.
1. Warna kulit
Kita mengetahui semua orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda. Ada yang putih, hitam, coklat, kuning langsat hingga sawo matang. Hal ini tidak menjadi masalah untuk kesehatan kulit. Namun, bila ada rona warna yang tidak merata pada kulit, hal tersebut bisa menandakan bahwa kulitmu sedang tidak sehat.
Seperti, adanya bercak putih dan menimbulkan gatal di kulit itu berarti panu. Kemudian, flek coklat akibat terkena paparan sinar matahari. Lalu, muncul warna kemerahan yang berarti kulit mengalami peradangan. Dan sebagainya.
2. Tekstur kulit
Kulit yang sehat memiliki tekstur yang lembut, kenyal, dan halus. Sementara, bila kulit Anda kering, berkeriput, ada benjolan kecil, dan mengendur bisa jadi kulitmu sedang bermasalah dan perlu penanganan.
3. Kulit lembap
Kulit memang memiliki kelembapan alami. Namun, ketika Anda kekurangan cairan bisa berdampak pada kelembapan tersebut. Kulit pun akan menjadi kering dan rentan mengelupas.
Tak hanya itu, cairan dalam tubuh juga mendorong produksi kolagen yang sangat penting bagi kulit.
4. Sensasi pada kulit
Kulit yang bermasalah biasanya akan mengalami sensasi, seperti terbakar, panas, kemerahan, hingga iritasi. Biasanya hal ini terjadi saat Anda menggunakan produk atau bahan yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Bagi kulit sensitif rentan sekali mengalami hal ini.