Latihan Tai Chi Sebaiknya Pakai Pelatih

Latihan Tai Chi Sebaiknya Pakai Pelatih

Informasi Terkini – Beroahraga sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Baik anak-anak, muda, dewasa, bahkan lansia membutuhkan olahraga. Tetapi, tentunya mereka memiliki intensitas berolahraga yang berbeda-beda tergantung kekuatan yang dimilikinya. Nah, orangtua yang sudah lansia bisa mencoba latihan Tai Chi.
Olahraga Tai Chi ini bisa membuat mereka yang sudah tua jadi merasa tetap sehat bugar dan selalu senang. Akan tetapi, berlatih Tai Chi sebaiknya jangan dilakukan sendirian. Ada beberapa gerakan pada Tai Chi membutuhkan pelatih sehingga gerakan bisa pas dan tidak melukai diri.
Menurut Wirawati Hartawan yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia (ADYTI), banyak orang yang melakukan latihan Tai Chi ini dengan mengikuti gerakan dari video. Banyak dari mereka juga mengeluhkan rasa sakit pada lutut dan kaki karena gerakan yang kurang tepat.
Seperti pada teknik kuda-kuda. Tak sedikit orang salah dalam mempraktekkan gerakan kuda-kuda pada Tai Chi ini. Gerakan kuda-kuda Tai Chi memerlukan detil setiap gerakannya.
Begitu juga pernapasan. Teknik pernapasan Tai Chi memang tidak begitu rumit. Namun, memerlukan teori yang tidak sembarang orang bisa mempelajarinya. Jadi, teknik ini perlu menggunakan pelatih untuk memepelajarinya.
Wirawati menyarankan kepada mereka yang ingin latihan Tai Chi sebaiknya belajar kepada pelatih dahulu baru setelah sudah menguasai materi-materi atau gerakan secara tepat dengan baik baru bisa meniru dari video dan bisa belajar sendiri di rumah atau dimanapun.
Dan Tai Chi ini tak hanya bisa dilakukan oleh lansia saja, kaum muda diharapkan bisa mengapresiasi dengan melakukannya agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.