Mandi Setelah Berolahraga, Bolehkah?

Mandi Setelah Berolahraga, Bolehkah?

Informasi Terkini – Berolahraga memang bertujuan untuk membuat tubuh berkeringat. Tubuh yang berkeringat akibat berolahraga bisa membuat tubuh sehat dan bugar. Setelah berolahraga pun, hal yang biasa Anda lakukan adalah mandi. Karena ketika tubuh berkeringat tentunya kita akan risih untuk melakukan kegiatan lain.
Namun, apakah mandi langsung setelah berolahraga baik? Ternyata, kita disarankan untuk mandi setelah beberapa saat berolahraga. Jadi, mandi langsung berolahraga tidak lah tepat.
Lalu, berapa lamakah kita menunggu waktu yang tepat saat harus mandi setelah berolahraga? Waktu yang tepat adalah 20 atau 30 menit dari aktivitas berolahraga yang Anda lakukan. Gunakan wkatu tersebut untuk proses pendinginan pada tubuh. Sebab, bila tubuh langsung diguyur air dingin yang memang menyegarkan ketika kita berkeringat, tubuh Anda juga bisa mengalami ruam dan masalah kulit seperti infeksi akibat bakteri dari keringat.
Cara melakukan pendinginan sebelum mandi bisa dilakukan dengan gerakan peregangan yang berintensitas rendah. Cara ini bisa mengembalikan detak jantung menjadi normal. Dengan begitu Anda bisa mandi dengan tenang tanpa khawatir dampak buruk lainnya.
Tetapi, jika Anda tidak sabar menunggu waktu jeda untuk mandi setelah berolahraga. Anda bisa menggantinya dengan minum air putih atau jus atau minuman yang menyegarkan lainnya. Hindari mengonsumsi es sebaiknya.