Manfaat Daun Sirih Yang Harus Kamu Ketahui

Saat ini, perawatan kesehatan dengan bahan alami sudah menjadi tren. Salah satunya yaitu daun sirih. Orang-orang zaman dahulu sudah menggunakan daun sirih untuk masalah kesehatan. Bahkan, untuk urusan kecantikan pun daun sirih juga menjadi ahlinya.
Nah, daripada penasaran, berikut ini kami rangkum apa saja manfaat dari daun sirih.
1. Menghentikan mimisan
Hidung yang mengalami pendarahan seringkali disebut dengan mimisan. Kondisi ini bisa dialami oleh orang yang mungkin kelelahan atau mengalami suatu kondisi tertentu. Daun sirih merah mengandung fenil poppies fan terpene yang mampu menghentikan pendarahan tersebut. Caranya, gulu daun sirih dan masukkan ke hidung yang mengalami mimisan.
2. Pengobatan luka bakar ringan
Luka bakar memang akan terasa lebih perih dari luka biasanya. Jika tak segera diobati, luka bakar ini akan membuat kamu merasa terganggu. Nah, daun sirih bisa menjadi obat untuk hal ini. Pasalnya, kandungan alkoid, antioksidan, dan vitamin C bisa meredakan rasa sakit pada luka bakar tersebut. Kamu hanya perlu beberapa lembar daun sirih yang kemudian dihancurkan. Tambahkan 2 sdm madu dan bubuhkan pada area kulit yang terkena luka bakar tersebut. Lakukan setiap hari agar luka bakar segera sembuh.
3. Mengobati diabetes
Orang yang sudah berusia lanjut dan memiliki riwayat diabetes memang sering mengonsumsi air rebusan dari daun sirih. Hal ini dikarenakan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun sirih mengandung terpenoid yang membantu kinerja dari insulin dalam mengatur gula darah. Kamu bisa mengambil daun sirih yang sudah dikeringkan terlebih dahulu dan hancurkan hingga menjadi bubuk. Kemudian, seduh bubuk tersebut dengan air hangat/panas dan konsumsi secara rutin.