Mata Bengkak Meski Sudah Cukup Tidur? Ternyata Pakai Skincare Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Mata bengkak memang sering terjadi ketika kelelahan atau kurang tidur. Namun, pernahkah kamu mengalami mata bengkak padahal sudah memiliki waktu tidur yang berkualitas? Nah, ternyata hal ini bisa disebabkan oleh kesalahan pemakaian produk skincare sebelum tidur.

Bagaimana pembahasannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Umumnya, setiap wanita memiliki rutinitas perawatan kulit di malam hari. Salah satunya adalah menggunakan pelembap untuk menjaga kondisi kulit agar tetep terhidrasi. Namun, seringkali penggunaan pelembap ini mengenai area mata. Tujuannya pun agar kulit area mata terhindar dari kering dan tanda penuaan. Padahal, hal ini berisiko menimbulkan mata bengkak.

Seperti yang dikemukakan oleh Emma Brown, ahli kecantikan selebriti dan pakar perawatan kulit di Time Bomb bahwa penggunaan pelembap yang berlebihan sangat tidak baik untuk area mata. Fungsi pelembap bukan lagi untuk melembapkan, namun akan membuat sirkulasi darah di area mata melambat. Itulah yang menjadi penyebab mengapa pelembap bisa memengaruhi mata bengkak.

Kulit di sekitar mata cukup halus yang membuatnya hanya mampu menyerap beberapa produk kecantikan. Jika sudah terserap, sisa produk perawatan akan tertinggal di permukaan kulit. Setiap kali mengedip, sisa produk ini akan lebih mendekat ke bulu mata yang bisa membuat iritasi dan efek buruk untuk mata lainnya.

Sebagai solusinya, cukup kurangi pemakaian pelembap berlebihan di area mata. Akan sangat lebih baik bila menggantikannya dengan produk krim mata yang lebih ringan dan formulanya khusus untuk kulit area mata. Dan, jangan pula mengaplikasikan terlalu dekat dengan mata agar tidak masuk ke dalam mata hingga menyebabkan mata bengkak.

Bagaimana menurutmu? Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk diaplikasikan juga, ya!