Memilih Serum Sesuai Jenis Kulit

Memilih Serum Sesuai Jenis Kulit

Informasi TerkiniTidak lagi menjadi pelengkap pelembap Anda, serum yang memiliki konsentrasi lebih tinggi ini tentunya menduduki posisi yang penting dalam ritual kecantikan Anda sehari-hari. Setelah mengetahui pentingnya serum sebagai investasi kecantikan Anda, maka saatnya Anda mengupas serum berdasarkan kebutuhan kulit Anda. Serum kini dibuat dengan berbagai teknologi dan ingredients yang bervariasi. Temukan serum yang sesuai dengan jenis kulit, agar serum bekerja efektif mengatasi permasalahan kulit dan menyempurnakan kulit Anda.

1. Kulit kering dan dehidrasi

Jika Anda memiliki permasalahan kulit kering, pecah-pecah, pilihlah serum yang mengandung hyaluronic acid. Bahan ini dapat mengembalikan kelembapan kulit dengan mengunci kadar air pada kulit. Bahan ini sangat melembabkan namun tidak berat dan lengket.

2. Kulit kusam

Memang permasalahan paling umum yang dialami oleh wanita urban adalah kulit kusam dan tidak rata akibat sering lupa memakai sunscreen, sehingga kadang timbul noda hitam (dark spot). Jika Anda memilki masalah ini, pilihlah serum yang mengandung vitamin C atau bahan-bahan yang mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Tidak hanya dapat mencerahkan kulit, serum yang mengandung bahan ini juga dapat menangkal radikal bebas.

3. Kulit berminyak dan berjerawat

Serum adalah solusi andalan praktis bagi pemilik kulit berminyak karena tekstur serum yang lebih ringan dan terkonsentrasi tak akan meninggalkan perasaan berminyak saat kulit membutuhkan nutrisi dan kelembapan agar tetap sehat. Pada umumnya, Serum yang mengandung retinol atau salicylic acid baik untuk mengontrol jerawat dan kadar minyak berlebih. Formulasi ini juga dapat membantu menghaluskan tekstur kulit, membantu akselerasi sel pada proses peremajaan kulit, dan mencegah pori tersumbat. Serum yang mengandung vitamin C juga bisa menjadi alternatif yang baik karena zat antioksidan memiliki karakteristik anti inflamasi dan dapat mengurangi kemerahan bila diasosiasikan dengan kulit yang berjerawat.

4. Kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif cenderung reaktif. Sebaiknya pilihlah serum yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak mengandung synthetic fragrance. Kandungan niacinamide juga baik untuk memberikan proteksi yang cukup pada kulit dan membantu untuk menenangkan kulit sensitif.

Ada beberapa serum yang bisa digunakan ketika pagi hari sebelum beraktivitas, ada juga yang disarankan untuk digunakan pada saat malam hari sebelum tidur. Sebaiknya jangan lupa untuk membaca kemasan apakah dipakai pada pagi atau malam hari. Disarankan ketika akan memakai serum, usahakan wajah lembab. Tidak basah karena air, namun lembab