Mencuci Sisir Secara Teratur, Perlukah?

Mencuci Sisir Secara Teratur, Perlukah?

Informasi Terkini – Sisir merupakan hal paling sangat penting untuk rambut. Namun, beberapa penggunanya kerap lupa untuk merawat dan membersihkan benda penting yang satu ini. Jika Anda pikir membersihkan sisir cukup dengan membuang helai-helai rambut yang tersangkut, sayangnya itu belum cukup. Padahal, membersihkan sisir dengan cara mencucinya menggunakan sabun hingga bersih tidak akan memakan waktu lama, lho. Selain kondisi sisir lebih awet, rambut dan kulit kepala Anda pun akan lebih sehat terawat. Ingin tahu lebih dalam mengapa esensi kebersihan sisir yang dicuci secara teratur itu penting sekali? Yuk temukan alasannya di sini!

1. Sisir Menyimpan Banyak Kotoran

Sisir yang digunakan setiap hari dapat menjadi tempat ‘nyaman’ untuk kuman dan bakteri bersarang. Jika dibiarkan, tentu sisir akan menjadi kotor. Kotoran yang ada di sela-sela sisir disebabkan oleh tumpukkan sel kulit mati dari kulit kepala yang terjebak di antara helaian rambut. Kotoran pada sisir juga bisa saja disebabkan oleh faktor pencucian rambut yang kurang bersih, entah saat membilas sampo, masker, atau produk styling rambut lainnya.

2. Sisir Kotor dapat Memicu Ketombe

Malas mencuci sisir secara rutin dapat menyebabkan timbulnya masalah pada rambut dan kulit kepala, terlebih jika rambut Anda memang rawan berketombe. Kulit kepala yang lebih sensitif jika terkena kotoran pada sisir akan lebih reaktif dan potensi ketombe lebih banyak akan semakin besar alias masalah ketombe akan semakin parah. Bahkan, seringkali berakibat kerontokan, patah-patah dan kondisi rambut yang semakin lepek. Alih-alih langsung cari produk yang mampu mengatasi ketombe secara instan, ayo awali dulu dengan membersihkan sisir yang digunakan sehari-hari.

3. Jadi, Perlukah Mencuci Sisir Secara Teratur?

Perlu. Setidaknya, lakukan seminggu sekali agar kesehatan kulit kepala dan rambut tetap terjaga. Membersihkan sisir sebenarnya cukup mudah asal kita teliti dan niat. Hahaha! Tak butuh produk pembersih khusus kok, pertama-tama bersihkan seluruh rambut yang tersangkut pada gigi sisir. Kemudian, rendam sisir pada wadah yang berisikan air hangat selama kurang lebih 30 menit. Setelahnya, gosok bagian sisir secara menyeluruh menggunakan sikat kecil dengan cairan sampo hingga bersih. Terakhir, bilas hingga bersih dan keringkan sisir menggunakan handuk kecil atau tisu. Cukup mudah bukan?