Mengapa Masyarakat Indonesia Tak Cemas Ketika Pensiun?

Mengapa Masyarakat Indonesia Tak Cemas Ketika Pensiun?

Informasi Terkini – Usia pensiun bagi setiap pekerjaan memang berbeda-beda. Ada pegawai negeri yang pensiun di usia 60 tahun, ada juga yang pensiun di usia 50 tahun, bahkan juga ada yang ambil pensiun dini (usia yang lebih muda dari penetepan usia maksimum untuk pensiun).
Bagi masyarakat Indonesia sendiri, pensiun dari pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan ini bukanlah menjadi kekhawatiran yang berlebihan. Mereka justru terlihat lebih santai menghadapi masa pensiun yang akan terjadi pada dirinya itu. Dan juga mereka terlihat sudah mencukupi finansial bagi kehidupan mereka ketika sudah pensiun dari pekerjaannya.
Hal ini bisa diungkapkan karena hasil survei Skor Kesejahteraan yang dilakukan oleh Cigna menghasilkan 7 dari 10 partisipan siap menghadapi usia pensiun mereka. Survei ini dilakukan belum lama ini di tahun 2018.
Partisipan yang mengikuti survei ini juga terdiri dari 1.000 orang. Dan 44 persen diantaranya menyatakan bahwa mereka tidak cemas atau khawatir mengenai masa tua mereka karena hal itu juga tentu akan dibantu dan didukung oleh anak-anak mereka ketika mengurus hidup di masa tua.
Selain itu, 20 persen partisipan dalam survei tersebut juga mengungkap mereka memiliki uang yang cukup yang bisa digunakan sebagai kebutuhan dalam sehari-hari ketika mereka sudah pensiun atau tak bekerja lagi. Dan bahkan, beberapa orang pun juga menggunakan uang pribadi yang mereka simpan untuk melakukan pengobatan di masa tua.