Mengenal Jerawat Tanpa Mata dan Cara Mengatasinya

Jerawat menjadi masalah kulit yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang. Meski begitu, jenis jerawat yang muncul pun terkadang berbeda-beda. Salah satunya jenis jerawat blind pimple atau yang lebih dikenal dengan jerawat tanpa mata.

Disebut demikian karena blind pimple muncul di bawah permukaan kulit sehingga ujung kepalanya tidak terlihat serta tidak mengeluarkan nanah. Bahkan blind pimple ini juga sering disamakan dengan inflammatory acne, yaitu peradangan jerawat yang tidak mengeluarkan nanah.

Secara umum proses terjadinya blind pimple ini dikarenakan oleh pori-pori kulit yang tersumbat. Biasanya penyebabnya adalah produksi minyak berlebih yang bercampur dengan sel kulit mati, kotoran, dan debu.

Kemudian jika kotoran yang ada di dalam pori-pori tersebut terinfeksi dengan bakteri, maka dapat menyebabkan peradangan di dalam kulit. Sehingga hal inilah yang menjadi penyebab munculnya blind pimple tanpa mengeluarkan nanah.

Biasanya jerawat blind pimple ini akan terasa sakit bagi yang mengalaminya karena muncul di bawah permukaan kulit dan dapat menyentuh saraf lainnya. Jika muncul di area dahi atau kepala, blind pimple juga bisa menyebabkan rasa pusing dan sakit kepala.

Untuk menyembuhkan blind pimple memang cukup susah. Namun Anda tak boleh putus asa, ada beberapa tips agar blind pimple segera sembuh. Simak ulasannya berikut ini.

1. Kompres dengan Air Dingin
Blind pimple biasanya memunculkan kemerahan di permukaan kulit. Karena itu, cobalah untuk mengompresnya dengan air dingin atau es batu. Suhu dingin dapat mengurangi rasa sakit dan meredakan inflamasi atau kemerahan pada jerawat.

2. Lakukan Eksfoliasi
Eksfoliasi membantu pengelupasan kulit dan membersihkan kulit secara mendalam sehingga dapat membantu menyembuhkan blind pimple. Cukup lakukan seminggu 2 kali menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol, AHA dan BHA.

3. Gunakan Acne Spot Treatment
Agar lekas sembuh, oleskan acne spot treatment pada kulit yang memiliki blind pimple. Untuk rekomendasinya, pilih produk yang memiliki kandungan benzoyl peroxide, sulfur dan tea tree oil.

4. Gunakan Sunscreen
Kulit berjerawat yang terkena paparan sinar matahari dapat memberikan efek yang semakin parah. Karena itu, lindungi kulit dengan selalu menggunakan sunscreen setiap hari. Pilih sunscreen minimal yang ber-SPF 30 PA++.

5. Menjaga Pola Hidup Sehat
Blind pimple disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Karena itu, kurangilah beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan banyak minyak di wajah, seperti makan makanan berlemak dan manis. Sebaiknya selalu rutin mencuci wajah dan melakukan gaya hidup sehat dalam kesehariannya.