Menurut Penelitian, Ini Cara Ingat Sesuatu Hingga Jangka Panjang

Menurut Penelitian, Ini Cara Ingat Sesuatu Hingga Jangka Panjang

Informasi Terkini – Semua orang pasti pernah merasakan lupa. Hal ini tentunya lumrah dialami oleh banyak orang karena memang manusia tempatnya lupa. Namun, bagaimana cara agar manusia bisa mengingat sesuatu lebih lama? Ternyata setelah dilakukan penelitian, ada sebuah cara yang membuat ingatan kita tentang sesuatu menjadi lebih lama. Apa itu?
Ya, penelitian baru menunjukkan bahwa membaca informasi dengan suara yang lantang bisa membuat memori kita ingat tentang informasi atau hal tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Waterloo. Dari hasil penelitian ini kita bisa melakukan tindakan ganda untuk berbicara dan mendengar diri sendiri yang bisa memiliki dampak yang paling menguntungkan untuk memori diri kita.
Menurut Colin M. MacLeod yang merupakan seorang professor dan ketua Departemen Psikologi di WaterLoo, saat kita menambahkan ukuran aktif atau elemen produksi ke dalam sebuah kata, kata tersebut akan berubah menjadi lebih berbeda dalam ingatan jangka panjang, dan menjadi lebih berkesan. Sehingga, kita dapat mengingat kata tersebut hingga jangka panjang.
Untuk memperoleh hasil penelitian ini, peneliti menggunakan empat metode uji yaitu membaca tanpa suara, mendengarkan orang lain membaca, mendengar rekaman pembacaan diri, dan membaca dengan suara yang keras secara real time.
Dan hasilnya, membaca dengan keras bisa membantu ingatan kita dalam apa yang kit abaca itu hingga jangka panjang.