Orangtua Perlu Waspada, Anak-anak Bisa Tirukan Adegan Yang Ada Di Game

Orangtua Perlu Waspada, Anak-anak Bisa Tirukan Adegan Yang Ada Di Game

Informasi Terkini – Zaman semakin canggih. Kini, banyak anak-anak yang sulit untuk diajak bermain di luar rumah karena mudahnya pengaruh gadget atau smartphone. Banyaknya game yang begitu mudah untuk diunduh membuat anak menjadi tertarik dan susah untuk dikendalikan. Akibat hal ini, orangtua perlu memberi perhatian khusus pada anak.
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa anak-anak rentan terpengaruh oleh adegan-adegan yang mereka mainkan di dalam game. Adegan itu seperti kekerasan, pembunuhan, dan banyak lainnya. Nah, bila itu tak segera diberikan antisipasi, anak-anak bisa saja melakukan hal yang sama seperti yang dimainkannya dalam game tersebut.
Anak-anak itu bagaikan kertas kosong. Maksudnya, anak-anak belum bisa memfilter mana yang baik dan buruk seperyi orang dewasa. Jadi, mereka beranggapan apa yang dimainkannya itu semuanya adalah hal baik. Oleh sebab itu, mereka bisa melakukan hal yang sama atau meniru adegan yang ada di dalam gamenya.
Selain itu, adanya game juga membuat anak kesulitan bersosialisasi. Banyak anak yang memilih untuk bermain game di rumah dari pada menikmati masa kecilnya bermain bersama dengan teman-teman mereka. Bila hal ini terjadi terus-menerus tentunya akan membuat perilaku mereka menjadi egois dan sebagainya.
Peran orangtua untuk mengingatkan dan membimbingnya sangat dibutuhkan pada saat hal ini. Karena, hanya merekalah yang bisa membatasi dan mengajak anak untuk berbuat baik.