Parfum Bisa Kedaluwarsa, Salah Atau Benar?

Parfum Bisa Kedaluwarsa, Salah Atau Benar?

Informasi Terkini – Berbeda dari pelembap atau krim mata Anda, parfum tak punya tanggal kedaluwarsa yang pasti. Ada yang wanginya bertahan hanya enam bulan, ada juga yang tahan hingga dua tahun. Apa benar parfum bisa kedaluwarsa? Bagaimana cara memilih dan menyimpan wewangian dengan aroma yang awet hingga semprotan terakhir?

1. Parfum dengan base notes yang kuat tahan lebih lama

Dibanding dengan parfum beraroma lembut, parfum dengan base notes yang kuat dengan aroma woody dan oriental cenderung bertahan lebih lama dibandingkan aroma citrus dan bunga-bungaan.

2. Simpan di tempat yang sejuk

Hindari menyimpan koleksi parfum Anda di tempat dengan temperatur tinggi dan terpapar sinar matahari langsung. Simpan parfum Anda di tempat yang sejuk dan kering. Parfum, meskipun yang beraroma ringan, akan tahan lebih awet jika disimpan di lemari khusus, lemari pakaian, atau bahkan kulkas. Namun kalau Anda ingin menyimpannya di dalam kulkas, jangan menggabungkan parfum dengan makanan dan minuman yang menyerap bau seperti mentega.

3. Tutup parfum dengan rapat

Parfum Anda kadang dilengkapi dengan penutup bukan? Meski didesain cantik dan imut sekalipun, fungsinya tetap sama, yaitu penutup botol parfum. Jika tak ditutup dengan rapat, parfum Anda akan teroksidasi dan kandungan wewangiannya akan menguap. Jika berpergian, Anda bisa memilih parfum dengan ukuran lebih mungil atau dengan kemasan khusus menggunakan roller ball atau berupa balm.

4. Pilih parfum dengan kandungan alkohol yang tinggi

Kandungan alkohol yang tinggi membantu menjaga aroma lebih tahan lama, baik di dalam botol atau pada kulit Anda. Anda bisa pilih jenis eau de parfum yang kandungan alkoholnya lebih tinggi dibandingkan eau de toilette dan body spray.