Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Akibat Main Kembang Api

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Akibat Main Kembang Api

Informasi Terkini – Banyak cara khas yang digunakan untuk merayakan Pergantian Malam Tahun Baru. Salah satunya yaitu bermain kembang api. Banyak anak-anak bahkan hingga dewasa memainkan kembang api untuk menyambut pergantian malam itu. Kembang api yang digunakannya pun beraneka ragam jenis. Ada yang dipegang tangan, ada yang dilempar, bahkan ada juga yang melesat jauh hingga ke angkasa.
Ya, merayakan Pergantian Malam Tahun Baru dengan bermain kembang api memang menyenangkan. Warna-warni yang dipancarkan dari kembang api membuat kita merasa lebih gembira. Namun, bermain kembang api itu tidak selalu menyenangkan. Ada risiko buruk baik itu kecil maupun besar yang bisa menimpa siapapun saat bermain kembang api. Salah satunya luka bakar.
Orang yang bermain kembang api haruslah berhati-hati. Karena bila saja orang itu terkena pijar yang dipancarkan kembang api kulitnya bisa mengalami luka bakar. Untungnya, luka bakar yangdisebabkan karena bermain kembang api biasanya hanya luka bakar yang ringan.
Luka bakar ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Dengan menggunakan perawatan rumahan biasanya sudah cukup untuk mengurangi simton dan mempercepat proses dari peyembuhan luka bakar itu sendiri.
Namun, bila dirasa luka bakar itu terasa semakin berat, perlu bantuan dokter untuk mengobatinya. Tapi, saat hendak ke dokter, lakukan pertolongan pertama itu lebih baik agar tidak terkena infeksi lain.