Perut Buncit? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Hampir semua orang memang selalu akan memperhatikan penampilan dirinya. Jika tidak sesuai keinginannya, seringkali orang akan merasa insecure dan menutup diri. Salah satu hal yang sulit diterima dalam diri kita adalah perut buncit.

Kondisi perut buncit sering dialami oleh orang-orang dewasa. Hal ini terjadi karena penumpukan lemak yang terjadi di sekitar perut. Akibatnya, perut pun akan terlihat bergelambir dan harus menutupinya dengan outfit yang besar.

Nah, apa saja sih yang menyebabkan perut buncit? Berikut ulasannya.

1. Makanan dan minuman berkadar gula tinggi

Asupan dengan gula tinggi memang sering dikatakan sebagai penyebab diabetes. Namun, hal ini juga dapat menyebabkan perut terlihat buncit. Untuk itu, agar perut terlihat lebih ramping dan kecil kamu perlu mengurangi konsumsi soda, fastfood, dan makanan manis lainnya.

2. Minuman beralkohol

Minum minuman beralkohol memang disinyalir memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti halnya red wine yang dikonsumsi secara moderat dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun, jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan dan terus menerus, alkohol dapat mengakibatkan penyakit serius, mulai dari peradangan, gangguan pada liver dan hati, serta membuat kondisi fisik tampak buruk, seperti perut buncit.

3. Gaya hidup sedentary

Bermalas-malasan, kurang gerak, dan kebanyakan duduk dapat menyebabkan perut buncit. Seperti yang dilansir dari American College of Sports Medicine dikatakan bahwa gaya hidup sedentary tergolong pada kamu yang tidak melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang minimal 30 menit,, sekurang-kurangnya tiga hari dalam seminggu selama tiga bulan.

4. Lemak Trans

Lemak trans ini sangat terlihat ketika membentuk perut buncit. Biasanya hal ini berbentuk margarin. Nah, banyak sekali makanan yang sering dikonsumsi dengan bahan margarin seperti biskuit, kue, martabak, dan makanan dalam kemasan lainnya. Selain bikin perut buncit, menurut Healthline, lemak ini juga dapat menyebabkan peradangan, resistensi insulin, dan risiko penyakit jantung.

5. Diet rendah protein

Menurut beberapa orang, diet rendah protein bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, kekurangan protein dalam tubuh justru membuat kamu mudah mengalami perut buncit. Tubuh yang tidak cukup protein akan menunjukkan adanya hormon neuropeptide Y (NPY) dan menyebabkan kita mudah lapar dan makan berlebihan.