Pola Makan Pasien Kanker Perlu Diperhatikan

Pola Makan Pasien Kanker Perlu Diperhatikan

Informasi Terkini – Pasien kanker memerlukan perawatan yang intensif agar penyakitnya tidak menyebar ke seluruh sel dan menimbulka dampak lebih buruk pada pasien itu sendiri. Perawatan ini juga berupa pada makanan serta minuman yang dikonsumsi pasien kanker. Mereka memerlukan konsumsi makanan yang mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh. Nutrisi itu berupa protein, karbohidrat, lemak baik, vitamin, mineral, serta air yang cukup agar tidak dehidrasi.
Makanan dengan kandungan nutrisi di atas diperlukan pasien kanker dan jangn sampai ditinggalkan. Makanan dengan semua kandungan nutrisi itu sangat dibutuhkan oleh tubuh pasien kanker. Hal ini diungkapkan oleh Chang Yok Ying yang merupakan Manajer Rawat Jalab dari Pusat Kanker Nasional Singapura (NCCS).
Nutrisi seperti sumber protein itu berguna untuk menyembuhkan luka, membangun jaringan, serta menjaga sistem kekebalan tubuh pada pasien kanker. Sementara, karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi di tubuh pasien kanker. Dan, vitamin serta mineral pun baik untuk fungsi tubuh.
Pasien kanker juga membutuhkan air mineral banyk untuk mencegah mereka dari dehidrasi.
Selain itu, bila pasien kanker menjalani diet sebaiknya berikan makanan yang mengandung campuran sayuran dan daging. Selanjutnya, hindari juga memasak dengan cara mengoreng atau memanggang yang menyebabkan makanan menjadi berminyak. Hindari juga makanan yang manis dan panas.