Pubertas Dini Berisiko Tingkatkan Obesitas

Pubertas Dini Berisiko Tingkatkan Obesitas

Informasi Terkini – Tak jarang anak gadis yang disayangi orangtuanya mengalami pertumbuhan yang cepat. Hal ini bisa berdampak pada pubertas dini. Dalam sebuah penelitian, anak yang mengalami pubertas dini rentan mengalami obesitas.
Seperti penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity mengungkapkan bahwa gadis yang mengalami pubertas dini rentan mengalami masalah berat badan sehingga bisa menyebabkan mereka berisiko obesitas. Hal ini juga dipengaruhi oĆ¾leh menstruasi yang dialami gadis tersebut yang terlalu cepat dibanding teman-teman sebayanya.
Selaon penelitian di atas, ada studi lain mengungkapkan gen dari orangtua juga berperan dalam meningkatkan pertumbuhan yang cepat kepada anak. Pertumbuhan yang cepat ini bisa berarti si anak memperoleh menstruasi pertamanya dan massa tubuh yang mulai meningkat.
Tak hanya obesitas, pubertas dini bagi anak perempuan terkadang bisa menyebabkan masalah mental dan kesehatan. Ketika sudah mengalami menstruasi dan teman-temannya belum, hal itu membuat mereka seperti berbeda dengan teman-temannya yang lain.
Tetapi, jangan panik. Hal seperti ini bisa dihindari. Memberikan asupan vitamin D yang cukup pada anak bisa membuat mereka terhindar dari risiko pubertas dini. Dalam sebuah penelitian ada yang mengungkapkan bahwa mereka yang kekurangan asupan vitamin D lebih rentan mengalami pubertas dini.
Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari pagi dan beberapa makanan sehat. Selain itu, hindari makanan kaleng yang berisiko membuat si anak makin mudah mengalami pubertas dini.