Rambut Kering? Yuk Atasi Dengan Masker Minyak Zaitun Ini

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang memerlukan perawatan ekstra. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada batang rambut, mulai dari penggunaan hair dryer, catokan, atau pewarnaan rambut yang terlalu sering. Jika hal ini dibiarkan rambut akan mulai rapuh dan menyebabkan kerontokan.

Nah, ada beberapa perawatan yang dipercaya ampuh mengatasi permasalahan kerusakan rambut, yaitu minyak zaitun. Meski berasal dari bahan alami, perawatan dengan minyak zaitun dapat menjadikan rambut lebih berkilau, lembap, dan lembut.

Cara merawat rambut dengan minyak zaitun ini melalui masker rambut. Anda bisa membuatnya dengan cara berikut ini.

– Masker minyak zaitun :

Siapkan 2-4 sdm minyak zaitun, dan aplikasikan secara langsung ke seluruh batang rambut.

– Masker minyak zaitun dan madu :

Siapkan 2 sdm madu murni dan 2 sdm minyak zaitun. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam wadah dan oleskan merata pada rambut.

– Masker minyak zaitun dan alpukat :

Hancurkan 1/2 buah daging alpukat hingga berbentuk pasta. Tambahkan 2 sdm minyak zaitun dan aduk hingga merata. Oleskan pada bagian batang rambut.

Sedangkan, cara pemakainya Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Kenali kondisi kulit kepala dan rambutmu. Jika kulit kepala berminyak dan berketombe, Anda tidak diperkenankan untuk memakai masker minyak zaitun ini hingga kulit kepala. Cukup pada bagian batang rambut saja dan beri jarak dari akar rambut.

2. Dalam memakai minyak zaitun sebagai masker memang disarankan 2-4 sdm. Namun, bila Anda memiliki rambut yang tipis dan lemas bisa memakai takaran yang lebih sedikit.

3. Sebelum mengoleskan masker minyak zaitun ke bagian rambut, sisir terlebih dahulu dan pisahkan rambut pada beberapa bagian. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengoleskan masker tersebut.

4. Setelah 20 menit, bilas masker dengan sampo dan kondisioner seperti biasa. Pastikan untuk membersihkannya dengan seksama agar tidak membuat rambut lepek.

5. Lakukan perawatan ini secara rutin 1-2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Selamat mencoba!