Resep Jamu Kunyit Asam Mudah dan Sederhana, Solusi Tuk Jerawatmu

Mengonsumsi jamu tradisional untuk mengobati penyakit sepertinya sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, banyak jenis jamu yang bisa dikonsumsi dengan berbagai macam rasa dan manfaatnya.

Nah, kali kami akan mengenalkan jamu kunyit asam. Seperti namanya, jamu ini memiliki rasa yang asam manis dan nikmat pastinya dikonsumsi karena tidak memiliki rasa pahit.

Jamu kunyit asam sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami permasalahan jerawat. Kandungan curcumin yang khas dari kunyit dapat bersifat anti-inflamasi yang membantu meringankan peradangan pada jerawat.

Tak hanya itu, minuman jamu ini memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang melawan bakteri penyebab jerawat.

Anda tak perlu repot untuk mencari orang yang menjual jamu kunyit asam dimana. Namun Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resepnya berikut ini.

Bahan:

3,5 lt air
1/2 kg kunyit
1/4 kg gula merah
1/4 kg asam jawa
Gula pasir (sesuai selera)
1 sdt garam

Instruksi pembuatan:

1. Haluskan kunyit dengan blender atau parut. Kemudian, tambahkan dengan baik air sebanyak 3 liter, tuangkan sedikit demi sedikit. Saring dan pisahkan antara ampas dan airnya.

2. Siapkan 1/2 liter air lainnya untuk merendam asam jawa, saring setelahnya. Masukkan asam jawa ke air perasan kunyit yang sebelumnya.

3. Nyalakan kompor dan rebus air perasan kunyit dan asam jawa tersebut. Tambahkan garam, gula merah, dan gula pasir hingga rasanya manis sesuai selera. Tunggu hingga mendidih.

4. Jika sudah, matikan api. Biarkan kunyit asam mendingin.

5. Siapkan botol atau wadah, masukkan air kunyit asam kedalamnya dengan menyaringnya juga terlebih dahulu agar terbebas dari ampas-ampasnya.

6. Jamu kunyit asam pun siap dikonsumsi. Anda bisa menyimpan jamu ini ke dalam lemari pendingin hingga 2 minggu.

Selamat mencoba!