Sarapan Dengan Telur Setiap Hari, Bagus Atau Tidak Untuk Tubuh?

Sarapan Dengan Telur Setiap Hari, Bagus Atau Tidak Untuk Tubuh?

Informasi Terkini – Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling sering dipilih untuk sarapan. Tal heran, karena telur bisa diolah menjadi menu makanan dengan cara yang praktis dan tak butuh waktu lama untuk memasaknya. Selain itu, sarapan dengan telur juga bisa membuat Anda tercukupi nutrisinya. Namun, apakah sarapan dengan telur setiap hari baik untuk tubuh? Coba simak kelebihan telur dan paparan mengenai efeknya jika dikonsumsi setiap hari.

1. Telur Kaya Gizi

Apabila dilihat dari nutrisinya, telur memiliki nutrisi yang lengkap. Sebutir telur mempunyai 70 kalori, 5 gram lemak, 6 gram protein, hingga 186 miligram kolesterol. Beberapa kandungan gizi yang dimiliki telur antara lain protein, kolin, vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, lemak, karbohidrat, kalsium, dan zat besi. Intinya, telur bisa membuat tubuh Anda menjadi selalu sehat dan bugar saat beraktivitas sehari-hari.

2. Telur Membuat Perut Kenyang Lebih Lama

Telur memang memberi beberapa manfaat bagi tubuh, seperti menjaga perut supaya tidak cepat lapar dan mampu meningkatkan kekuatan pada otak. Perlu diketahui bahwa protein yang ada di dalam telur bisa membuat perut terasa lebih kenyang jika dibandingkan dengan protein yang terkandung di dalam gandum.

3. Telur Bisa Mengendalikan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Kalau disantap sebagai menu sarapan, telur bisa mencegah kebutaan pada lansia, mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan pada tubuh, memberikan nutrisi untuk awet muda, dan mencegah kesehatan jantung. Tentu saja beragam manfaat tersebut bisa kita rasakan untuk kesehatan apabila dikonsumsi dengan cara wajar.

Dengan banyaknya manfaat, telur ternyata juga tak lepas dari efek buruk terhadap kesehatan. Banyak orang yang menyarankan jangan terlalu sering mengonsumsi telur. Biasanya hal ini dilarang karena dikhawatirkan akan kurang baik bagi kesehatan. Risiko makan telur setiap hari yang banyak dikatakan oleh masyarakat antara lain kolesterol, tumbuh bisul, asam urat, hipertensi, bobot tubuh mudah naik, kadar gula di dalam darah meningkat, timbul jerawat, dan menganggu hormon pria serta wanita.

Lalu, telur tak boleh untuk sarapan setiap hari dong? Menurut laman kesehatan Boldsky, sebenarnya kita tidak perlu khawatir mengonsumsi telur dalam jumlah banyak, alias rutin saat sarapan pagi. Jika mengonsumsi telur secara rutin, kadar gula darah malah akan tetap stabil. Bahkan kandungan kolin yang ada pada kuning telur pun tidak perlu dikhawatirkan. Namun yang perlu diingat, pakar kesehatan mengajurkan batas konsumsi telur dalam sehari, yakni hanya sebutir saja, untuk menjaga kesehatan tubuh. Kemudian pada saat mengonsumsi telur, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal seperti kematangan telur dan jumlah yang dikonsumsi. Bagaimana, sudah siap membuat varian telur untuk sarapan?