Sebenarnya, Apa Itu Difteri?

Sebenarnya, Apa Itu Difteri?

Informasi Terkini – Saat ini kasus difteri sudah meningkat. Hal ini dilihat berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan yang mengatakan bahwa hingga bulan November 2017 ini ada 95 kabupaten/kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus tersebut.
Sementara di bulan Oktober hingga November 2017 ini sendiri ada 11 provinsi yang melaporkannya. Provinsi itu antara lain, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan ada beberapa lainnya.
Namun dari hal tersebut, sebenarnya apa difteri itu sendiri?
Dari pengertiannya, difteri adalah sebuah penyakit yang menular dan disebabkan oleh kuman Corynebacterium diptheriae. Gejala awal timbulnya penyakit ini antara lain demam yang tidak begitu tinggi atau panas sekitar 38 derajat Celcius. Selain itu, munculnya pseudomembran atau selaput di daerah tenggorokan yang berwarna putih keabu-abuan yang mudah berdarah bila dilepaskan, saat menelan pun bila terasa sakit hal ini bisa menjadi pertanda adanya difteri.
Penyakit difteri ini bisa dicegah dengan imunisasi. Jadi, masyarakat perlu mengecek status imuniasi terutama imunisasi difteri yang sudah dijalankan di Indonesia lebih dari 50 tahun. Imunisasi difteri ini ada 3 jenis yakni vaksin DPT-HB-Hib, vaksin DT, dan vaksin Td. Ketiga vaksin ini diberikan pada usia yang berbeda.
Bila imunisasi sudah dijalankan dengan baik hal ini akan mencegah penyakit menular difteri hingga 95 persen.