Selain Rasanya Nikmat, Makan Jamur Tiram Banyak Manfaat Sehatnya, Apa Saja?

Diantara banyak jenis jamur yang bisa dikonsumsi, jamur tiram menjadi favorit banyak orang. Hal ini berkat bahannya yang mudah ditemukan di pasar dan diolah menjadi berbagi menu masakan. Namun tahukah kamu, jamur tiram memiliki banyak kandungan nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, cari tahu manfaat apa saja yang didapatkan dari makan jamur tiram, dilansir dari laman Fimela.com berikut ini.

1. Menurunkan kolesterol

Saat memasak jamur tiram tanpa banyak minyak, kamu bisa mendapatkan manfaat ini. Pasalnya, jamur tiram secara alamiah memiliki kalori rendah sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini juga ditemukan pada penelitian tahun 2007 yang dipublikasikan dalam jurnal PubMed NCBI bahwa, penderita diabetes terbukti mengalami penurunan kadar kolesterol setelah mengonsumsi jamur tiram.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Sistem imunitas tubuh berguna untuk kekebalan dan menangkal berbagai infeksi penyakit. Dengan mengonsumsi jamur tiram, dapat membantu menguatkan kekebalan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan tinggi. Hal ini juga dibuktikan dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Mediators of Inflammation, jamur tiram memiliki komponen immunomodulator yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

3. Meningkatkan fungsi otak

Seiring bertambahnya usia fungsi otak seringkali mengalami penurunan. Hal ini dapat dibantu dengan mengonsumsi jamur tiram yang kaya akan niacin atau vitamin B3. Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry disebutkan bahwa jamur memiliki kemampuan dalam mencegah penyakit Alzheimer hingga mengurangi risiko kerusakan pada sel otak.

4. Menurunkan gula darah

Bagi Anda yang memiliki risiko terhadap diabetes sebaiknya selalu rutin dalam mengonsumsinya jamur tiram. Pasalnya, sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients menemukan kandungan serat dan β-glucan yang ada dalam jamur tiram mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini membantu untuk mengurangi risiko diabetes.

5. Mencegah kanker payudara

Kanker bisa terjadi akibat perkembangan sel abnormal di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jamur tiram yang kaya kandungan antioksidan dapat mencegah terjadinya hal ini. Sebuah penelitian membuktikan bahwa jamur tiram mampu menekan pertumbuhan kanker payudara. Hal ini telah diterbitkan dalam International Journal of Oncology.

Wah, banyak sekali ya manfaat jamur tiram. Jangan lupakan jamur tiram dalam menu harianmu ya!