Selain Terlalu Banyak Makan, Ini Penyebab Lain Perut Kembung

Selain Terlalu Banyak Makan, Ini Penyebab Lain Perut Kembung

Informasi Terkini – Saat perut kembung datang, semua orang pasti merasakan tidak nyaman. Penyebab umum dari perut kembung salah satunya yaitu terlalu banyak makan. Untuk itu, berhenti makan sebelum kenyang selalu disarankan agar tak terjadi perut kembung.
Berikut beberapa penyebab perut kembung selain terlalu banyak makan.
Garam
Mengonsumsi garam terlalu banyak juga bisa menyebabkan perut kembung. Selain itu, risiko tekanan darah tinggi pun bisa menghantui Anda.
Terlalu banyak karbohidrat
Fungsi karbohidrat dalam tubuh adalah sebagai bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Meski begitu, terlalu banyak makan makanan dengan kandungan karbohidrat bisa menyebabkan perut kembung. Oleh sebab itu, makan karbohidrat seperlunya itu lebih baik.
Soda
Soda mengandung banyak gas. Saat Anda meminumnya, soda bisa memenuhi sistem pencernaan. Hal ini memungkinkan Anda bersendawa, tetapi soda tidak hilang melainkan masih ada sampai soda itu mencapai ke usus. Terlalu banyak minum soda bisa bikin perut kembung.
Makan terlalu cepat
Saat sedang lapar, Anda tentu makan dengan lahap. Namun, makan dengan tempo yang begitu cepat bisa menimbulkan perut kembung. Hal ini disebabkan terlalu banyak udara yang ditelan saat Anda makan terlalu cepat.
Susu
Tubuh yang tidak mudah mencerna laktosa atau gula susu bisa menyebabkan perut kembung. Oleh sebab itu, menghindari produk dengan susu itu lebih baik untuk membuat perut Anda dalam kondisi baik.
Menstruasi
Saat mengalami menstruasi, wanita akan lebih sensitif dari biasanya. Hal ini dikarenakan sindrom pramenstruasi (PMS) yang membuat mereka menjadi merasa pegal, lelah, dan mudah tersinggung. Selain itu, perut kembung juga sering kali dialami oleh beberapa wanita ketika masa ini.
Penyakit celiac
Penyakit celiac ini menyerang pada lapisan usus. Terjadinya penyakit ini saat tubuh merespons gluten. Penyakit ini menyebabkan diare, penurunan berat badan, nyeri di daerah perut, banyak mengeluarkan gas, serta perut kembung.