Selain Vitamin C, Berikut Nutrisi Lainnya Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Membicarakan tentang daya tahan tubuh seringkali zat yang disebut adalah vitamin C. Namun, bukan hanya itu saja. Tubuh memerlukan nutrisi lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, berikut ini sederet nutrisi yang bagus digunakan untuk perbaikan sistem imun.

1. Vitamin D

Vitamin D juga memiliki manfaat yang sama seperti vitamin C. Zat ini akan membantu memperkuat daya tahan tubuh dengan memerangi infeksi virus dan bakteri jahat. Untuk mendapatkan vitamin D, kamu bisa berjemur di matahari pagi atau mengonsumsi makanan, seperti ikan salmon, tuna, telur, dan keju.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 ini memang bisa memberikan peningkatan pada sistem imun, namun memiliki kekurangan yaitu ketika tubuh diserang oleh virus atau bakteri, zat tersebut akan menurunkan respons imun. Zat ini tidak diproduksi sendiri oleh tubuh jadi jika kamu ingin mengonsumsinya bisa melalui sumber makanan vitamin B12, seperti hati ayam, ikan, kerang, dan yogurt.

3. Protein

Protein yang sering ditemukan dalam makanan bergizi dapat membentuk antibodi. Pembentukan ini mampu melawan virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi. Kamu bisa mengonsumsi protein sesuai kebutuhan yang umumnya sehari adalah 1,2–1,5 gram/kgBB/hari. Sumber makanan dengan protein ini meliputi daging ayam, telur, tempe dan tahu.