Sering Alami Benjolan Di Ketiak? Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Alami Benjolan Di Ketiak? Mungkin Ini Penyebabnya

Informasi Terkini – Pernahkah Anda menemui benjolan pada ketiak? Jika ya, tahukah Anda apa penyebabnya? Yuk, simak beberapa penyebab timbulnya benjolan di ketiak.
1. Rambut tumbuh ke dalam
Kita tentu mengetahui pada bagian ketiak ditumbuhi oleh rambut. Namun, pertumbuhan rambut itu ternyata tidak ke arah luar saja. ada rambut ketiak juga yang tumbuh ke dalam. Nah, hal ini menyebabkan munculnya benjolan pada ketiak karena pembengkakan.
2. Pemakaian deodoran
Kulit yang alergi terhadap bahan-bahan kimia dari deodoran dapat menyebabkan timbulnya pembengkakan pada ketiak.
3. Hormon
Masalah hormon bisa menjadi penyebab timbulnya benjolan pada letiak. Terutama pada pria, hormon tiroid yang dihasilkan terlalu berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan pada ketiak.
4. Kelenjar getah bening
Saat getah bening sedang memerangi infeksi virus, bakteri dan jamur terkadang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian ketiak dan juga selangkangan. Namun, benjolan ini akan menghilang dengan sendiri dalam beberapa hari.
5. Infeksi
Infeksi yang terjadi di ketiak dapat memunculkan benjolan.
6. Virus
Terkena infeksi virus dapat menimbulkan benjolan di ketiak. Infeksi tersebut seperti herpes, cacar, atau HIV.
Nah, beberapa hal di atas merupakan penyebab munculnya benjolan di ketiak. Benjolan tersebut bisa menghilang sendiri dalam beberapa hari. Namun, bila hingga lebih dari 10 hari dan benjolan tetap ada, segera periksa ke dokter.