Serum Anti-Aging, Kapan Waktu Tepat Penggunaanya?

Serum merupakan salah satu produk dalam rangkaian skincare. Fungsi dari serum sendiri sangat beragam, tergantung pada bahan dan kandungan di dalamnya. Nah, kalau begitu sebenarnya serum itu wajib digunakan gak sih?

Jawabannya ada pada kondisi dan kebutuhan kulit wajah kalian sendiri. Ketika dirasa kulit sedang kusam dan membutuhkan kecerahan, maka kamu bisa menggunakan serum yang bermanfaat untuk mencerahkan. Sama juga dengan serum anti-aging yang memiliki fungsi untuk menyamarkan kerutan dan tanda penuaan lainnya. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk menggunakan serum anti-aging tersebut? Berikut ulasannya.

1. Usia

Penggunaan skincare yang tidak dapat menampakkan hasil yang instan tentu membuat kamu perlu menggunakannya secara rutin. Nah, untuk serum anti-aging ini para ahli kecantikan menyarankan penggunaannya di atas usia 25 tahun, sebelum tanda-tanda penuaan muncul dan terlihat nyata.

2. Kebiasaan Anda memakai skincare

Hal ini bisa dikatakan kalau serum itu merupakan skincare tambahan ketika skincare basic sudah diterapkan dengan baik. Skincare basic itu berupa rangkaian rutin dari membersihkan wajah, toner, pelembap, dan sunscreen. Jika tahapan ini belum dipakai rutin setiap hari, maka penggunaan serum pun percuma dan tidak dapat maksimal.

3. Kenal dengan reaksi kulit sendiri

Meski fungsi utamanya untuk kerutan dan tanda penuaan, namun serum anti-aging juga mengandung bahan aktif yang cukup keras. Hal ini bisa menimbulkan iritasi/reaksi negatif pada kulit karena merupakan bagian dari cara kerjanya. Dengan begitu, kamu perlu paham betul mengenai kondisi dan sensitivitas kulit sebelum menggunakan serum yang berbahan aktif tinggi. Pilih serum dengan dosis yang kecil terlebih dahulu untuk mengeceknya.