Simak 4 Manfaat Menakjubkan dari Teh Bunga Sepatu

Minuman teh terdapat banyak jenisnya, salah satunya adalah teh bunga sepatu. Sejenis teh satu ini biasanya diambil dari tanaman jenis Hibiscus Sabdariffa yang direndam dalam air mendidih. Dengan begitu, teh ini memiliki rasa yang cukup masam mirip dengan cranberry.

Bukan sembarang, teh bunga sepatu yang bisa dikonsumsi baik dingin maupun panas ini termasuk dalam jenis minuman herbal. Dalam penelitian, mengonsumsi teh jenis ini bisa mendapatkan manfaat baik yang diantaranya sebagai berikut.

Mengandung Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Di dalam teh bunga sepatu terdapat kandungan antioksidan yang kuat. Karena itu, Anda bisa mengonsumsinya untuk menguatkan tubuh dan mencegahnya dari penyakit.

Mencegah Tekanan Darah Naik

Orang dengan hipertensi memiliki risiko yang besar terhadap penyakit jantung. Dengan mengonsumsi teh bunga sepatu ini bisa menjadi cara alami untuk menurunkan tekanan darah dalam keadaan normal. Namun, sebelum mengonsumsi ini, pastikan Anda tidak sedang menggunakan obat hydrochlorothiazide untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Menurunkan Berat Badan

Penumpukan lemak adalah faktor utama terbentuknya obesitas alias berat badan berlebih. Selain menjalankan pola hidup sehat, Anda bisa mengonsumsi teh bunga sepatu ini untuk mengatasinya. Suatu penelitian mengatakan bahwa ekstrak dari bunga sepatu dapat membantu menghancurkan lemak dan mendorong penurunan berat badan.

Membantu Memerangi Bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme yang memiliki sel tunggal tetapi dapat menyebabkan infeksi. Beberapa penyakit yang umumnya disebabkan oleh bakteri adalah bronkitis, pneumonia, dan saluran kemih. Nah, dalam penelitian, ekstrak bunga sepatu diketahui dapat menghambat aktivitas dari salah satu bakteri, yaitu E. coli.

Meski memiliki manfaat yang begitu melimpah, mengonsumsinya pun harus tepat. Jika perlu Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter atau ahlinya terlebih dahulu.