Stres Bisa Memicu 3 Masalah Kesehatan Ini

Rasa gelisah dan cemas seringkali berujung pada kondisi stres. Banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab dari kondisi ini, mulai dari kepikiran tugas kantor hingga memilih pakaian yang tepat untuk main atau jalan sama teman. Rasanya, stres sudah menjadi aspek pokok penting dalam berbagai hal yang kita lakukan.

Stres memang bukan digolongkan sebagai penyakit, namun kondisi ini bisa memberikan pengaruh dan efek yang buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang faktor pemicunya salah satunya adalah stres. Apa saja?

1. Imunitas Tubuh Menurun

Sistem imun atau sistem pertahanan tubuh bekerja untuk menghancurkan sel-sel asing atau abnormal guna perlindungan tubuh dari berbagai penyakit. Kondisi stres dapat mempengaruhi melemahnya sistem imun terus yang mengakibatkan tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

2. Memperlambat Metabolisme

Sebagian orang yang sedang mengalami banyak pikiran mungkin akan lebih banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak. Hal ini akan memengaruhi tubuh dalam mengalami penumpukan racun berlebih. Pasalnya, kondisi stres cenderung menghambat kinerja enzim dalam memecah lemak sehingga proses detoksifikasi tubuh terhambat.

3. Mengubah Gen

Gen merupakan informasi genetika yang diturunkan dari orang tua. Tubuh memerlukan gen dalam menentukan jumlah lemak yang bisa disimpan hingga kekebalan tubuh. Namun saat mengalami stres, hal ini dapat berubah karena adanya produksi bahan kimia lain ketika itu.

Begitulah kira-kira kondisi stres memengaruhi kesehatan tubuh. Untuk itu, jauhkan stres dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti jalan-jalan, meditasi, atau yoga.