Sumber Makanan Sehat Seimbang Pasien Kanker Bisa Diperoleh Dari Ini

Sumber Makanan Sehat Seimbang Pasien Kanker Bisa Diperoleh Dari Ini

Informasi Terkini – Selama menjalani perawatan pasien kanker membutuhkan makanan yang tepat karena untuk membantu tubuhnya energik dan kuat saat menjalani pengobatan. Bukan hanya itu, sebelum dan sesudah perawatan pun pasien kanker harus tetap makan makanan yang mengandung nutrisi seimbang.
Hal ini diungkapkan oleh ahli yang ada oada bagian Rawat Jalan di Pusat Kanker Nasional Singapura (NCCS). Menurut ahli disana, makanan yang diberikan pada pasien kanker harus mengandung nutrisi yang lengkap guna menjaga tubuhnya dari hal-hal buruk.
Nutrisi yang baik dan seimbang itu yang mengandung protein, karbohidrat, lemak baik, vitamin serta mineral. Zat-zat di atas mampu membuat tubuh pasien kanker ini bisa menjadi lebih baik dan pemulihan pun bisa menjadi lebih cepat.
Di bawah ini ada beberapa sumber makanan yang bisa diterapkan di pasien kanker karena banyak kandungan nutrisi yang baik dan seimbang.
1. Sayuran
Dalam sayur-mayur terdapat banyak kandungan nutrisi baik. Jenis sayur yang baik dikonsumsi pasien kanker adalah tomat, wortel, kacang polong, labu dan lobak yang mengandung vitamin dan serat. Sementara kandungan kalsium dan zat besi bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau. Asparagus dan Brussel sprout juga kaya akan antioksidan. Pasien kanker yang disebabkan oleh kelebihan gula bisa mengonsumsi labu putih yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
2. Buah-buahan
Jenis buah sangat banyak. Pasien kanker bisa memenuhi nutrisi dengan vitamin C yang didapat dari Jeruk, pisang, kiwi, mangga, pir serta stroberi yang kaya akan kandungan vitamin dan serat. Yang kemudian avokado, jambu biji, aprikot, dan kismis membantu dalam meningkatkan energi tubuh.
3. Protein
Kandungan protein bisa didapat dari daging tanpa lemak, ikan segar, unggas, telur, produk susu, kedelai, serta kacang kering.
4. Karbohidrat
Karbohidrat baik bisa diperoleh dari nasi, mie, roti gandum, pasta, jagung, kentang, kacang-kacangan, produk susu serta madu yang memiliki sifat anti-bakteri.