Suntik BCG Bisa Turunkan Gula Darah Pada Pasien Diabetes?

Suntik BCG Bisa Turunkan Gula Darah Pada Pasien Diabetes?

Informasi Terkini – Sebuah studi baru yang baru dilakukan selama kurang lebih tiga tahun mengklaim bahwa vaksin yang digunakan untuk membasmi penyakit tuberkolosis bisa digunakan juga untuk mengurangi tingginya kadar gula darah dalam tubuh yang dialami oleh penderita penyakit diabetes tipe 1. Hal ini dimuat dalam sebuah jurnal NPJ Vaccines.
Adanya klaim dari studi baru ini diharapkan bisa mengarah pada pengobatan yang lebih maju di waktu yang akan datang nantinya.
Dalam studi tersebut, untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh menggunakan suntikan vaksin BCG adalah dengan menyuntikkan satu dosis vaksin BCG yang kemudian diikuti dengan suntikan booster pada bulan berikutnya. Suntikan vaksin ini bisa mengurangi kadar gula darah yang tinggi dialami oleh pasien diabetes tipe 1 untuk berubah ke normal.
Untuk melihat hasilnya, proses tersebut perlu memakan waktu hingga tiga tahun.
Sejauh ini, uji coba yang dilakukan oleh peneliti pada studi baru tersebut masih terbatas pada tikus dan kemudian juga bisa membantu kondisi diabetes tipe 2.
Vaksin BCG ini bila diberikan pada masa anak-anak selama tiga suntikan bisa menurunkan risiko anak tersebut untuk terkena penyakit diabetes tipe 1 di usianya 12 tahun lebih.