Tak Hanya Kesehatan Tubuh, Bayam Juga Berkhasiat Untuk Kecantikan, Lho!

Tak Hanya Kesehatan Tubuh, Bayam Juga Berkhasiat Untuk Kecantikan, Lho!

Informasi Terkini – Dalam sehari-hari memang kita membutuhkan sayuran untuk memnuhi nutrisi tubuh kita. Dalam sayuran, terutama sayuran hijau terdapat kandungan gizi tersendiri yang mampu menyehatkan tubuh. Salah satu contohnya bayam.
Bayam ini sering kali dijadikan tambahan dalam sayur bening. Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi bayam pun ternyata bisa menjaga kecantikan, lho. Berikut ini beberapa manfaat kecantikan yang dapat diperoleh dari sering mengonsumsi bayam.
1. Membantu Mengurangi Jerawat
Munculnya jerawat tentu sangat menganggu penampilan Anda. Untuk menguranginya tentu dibutuhkan beberapa perawatan agar jerawat tidak lagi muncul. Salah satu perawatan bisa dilakukan dengan mengonsumsi bayam.
Dalam bayam, terdapat kandungan 4 vitamin dari 5 vitamin yang penting untuk kulit berjerawat. 4 vitamin itu, vitamin A yang berfungsi meredakan inflamasi pada jerawat, vitamin B yang berfungsi memperbaiki kulit yang rusak akibat bekas jerawat, vitamin C yang dapat melindungi kulit dari timbulnya jerawat, serta vitamin E yang mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.
2. Dapat Menjadi Sunscreen Alami
Penggunaan sunscreen tentu sangat membantu kulit untuk terhindar dari sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit rusak. Biasanya sunscreen bisa ditemukan dalam produk perawatan di sekitar Anda. Namun, sunscreen alami juga bisa dibuat dari bayam.
Dalam bayam terdapat kandungan zinc yang juga tredapat pada sunscreen yang dijual di pasaran. Karena adanya salah satu kandungan ini, bayam juga bisa membantu untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, bayam juga bisa memperlambat tanda-tanda penuaan dini yang mungkin muncul karena terlalu banyak terkena sinar matahari.
3. Membantu Menangkal Radikal Bebas
Tanpa disadari kita setiap hari berjumpa dengan radikal bebas. Pada sinar UV, polusi, hingga asap rokok pun sebenarnya adalah radikal bebas yang bisa merusak kulit. Bila hal ini dialami secara terus-menerus, radikal bebas akan membuat tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda. Seperti terjadi kerutan, flek hitam, hingga komedo. Oleh sebab itu, menggunakan masker bayam bisa memberikan perlindungan kulit Anda untuk melawan radikal bebas.
4. Mencerahkan Kulit
Kulit yang cerah tentu akan menyegarkan. Namun, bagaimana cara memperoleh kulit yang cerah setiap saat? Tentu tidak mudah, tetapi bila sudah dilakukan bisa menjadi kebiasaan yang mudah. Hal ini bisa didapat dari bayam. Kandungan vitamin K yang tinggi serta asam folat dalam bayam bisa menjadi khasiat yang efektif untuk menjaga kelembapan, mencerahkan, serta meratakan wakran kulit.
5. Mengurangi Rambut Rontok dan Menebalkan Rambut
Memiliki rambut tipis serta mudah rontok tentu sangat menganggu, bukan? Ya, tetapi dalam hal ini bayam bisa membantu Anda dalam mengatasinya. Kandungan zat besi dalam bayam yang beperan dalam hal ini. Karena itulah, tak jarang bayam juga dijadikan salah satu bahan untuk pembuatan sampo-sampo lokal.