Ternyata Beda Warna Pisang Juga Beda Kandungannya

Ternyata Beda Warna Pisang Juga Beda Kandungannya

Informasi Terkini – Siapa yang tak kenal dengan buah pisang? Buah satu ini sering dijumpai di berbagai tempat. Rasanya yang sedap membuat pisang menjadi favorit sebagian orang. Bahkan, harganya pun terjangkau, jadi, dapat menjadi cemilan sehat tanpa merogoh kocek terlalu dalam.
Selain itu, pisang juga memiliki banyak kandungan yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Diketahui, pisang mengandung karbohidrat, vitamin B6, vitamin C dan Potassium. Namun, tahukah Anda pisang memiliki beberapa jenis warna yang berbeda-beda?
Ya, pisang yang belum masak memiliki warna hijau. Sementara, ketika pisang sudah mulai masak akan berubah warna menjadi kuning muda. Dan ketika sudah benar-benar masak akan berubah menjadi kuning tua atau kuning kecoklatan. Tetapi, selain itu ada juga pisang yang sudah masak tetapi tetap memiliki warna hijau, seperti pisang hijau dan pisang Ambon.
Nah, jenis warna yang dimiliki pisang itu ternyata memiliki kandungan gizi yang berbeda. Seperti apa itu?
1. Pisang warna hijau
Pisang yang masih berwarna hijau ini memiliki kandungan gula yang rendah jadi dapat digunakan untuk makanan ketika diet. Karena, saat pisang berubah warna menjadi menguning, tingkat gula di dalamnya akan meningkat yang menyebabkan nilai indek glikemik juga bertambah.
2. Pisang warna kuning
Ketika pisang sudah berubah warna menjadi menguning itu artinya pisang sudah mulai masak. Pisang ini biasanya memiliki rasa manis. Nah, dalam pisang kuning terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.
3. Pisang kuning kecoklatan
Kuning kecoklatan biasanya menandakan pisang yang sudah mendekati busuk. Biasanya dagingnya akan lebih lembek sehingga beberapa orang kurang menyukainya. Namun, pisang ini memiliki zat TNF yang berguna untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.
Tetapi, pisang ini akan terasa lebih manis karena kandungan gula yang tinggi.