Ternyata Ini Faktor Berat Badan Naik Meski Berpuasa

Ternyata Ini Faktor Berat Badan Naik Meski Berpuasa

Informasi Terkini – Saat menjalani puasa memang diharuskan untuk tidak makan dan minum hingga belasan jam. Dikarenakan hal ini tentu bisa menjadi momen untuk menurunkan berat badan bagi kebanyakan orang. Namun, bukan malah berat badan yang turun, sebagian orang justru mengalami lonjakan berat badan yang bertambah. Mengapa demikian?
Ternyata, meski berpuasa, terdapat banyak faktor yang membuat berat badan justru bertambah di bulan puasa. Faktor-faktor tersebut, antara lain:
1. Menu sahur tinggi kalori
Sebelum berpuasa, sebagian besar orang perlu makan sahur agar di kala menjalani puasa mereka tidak mengalami kelaparan atau haus. Menu yang dipilih untuk sahur pun beragam. Tetapi, biasanya banyak orang memilih menu sahur yang enak. Sehingga, mereka pun memilih makanan yang cenderung berlemak dan terdapat kandungan kalori tinggi. Makanan ini justru bisa menambah berat badan.
2. Takjil serba manis
Berbuka puasa sering kali dihiasi dengan hidangan takjil. Makan takjil yang banyak kandungan gula sehingga membuat rasanya menjadi manis juga bisa menambah lemak dalam tubuh yang berujung pada kenaikan berat badan.
3. Terlalu sering buka puasa bersama
Datangnya bulan uasa sering dihiasi dengan ajakan bukber yang datang dari teman SD hingga teman kerja bahkan keluarga besar. Dalam hidangan bukber ini tentu makanan yang disajikan pun banyak sehingga membuat kita menjadi ingin makan banyak.
4. Kurangnya konsumsi buah dan sayur
Saat berpuasa kita diperbolehkan makan saat sahur dan setelah berbuka puasa. Hal ini membuat kita menjadi memilih makan enak di waktu tersebut. Untuk mengonsumsi buah dan sayur pun menjadi jarang karena kita lebih tergoda dengan makan enak yang belum tentu kandungan di dalamnya baik bagi tubuh kita.
5. Jarang minum air
Dalam sehari kita dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Hal ini untuk membantu agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi sehingga kalori juga bisa menurun dalam tubuh. Ketika berpuasa, kita yang jarang minum air putih bisa mengalami kenaikan berat badan karena kalori yang di dalam tubuh tidak turun.
6. Waktu tidur yang tidak cukup
Waktu yang kurang diguankan untuk tidur secara cukup bisa membuat orang menjadi bertambah berat badan. Hal ini karena mereka yang kurang tidur bisa mengalami penurunan produksi hormon leptin (penekan nafsu makan) dan mengalami kenaikan pada kadar hormon gherlin (pemicu nafsu makan).
7. Aktivitas berkurang
Tidak melakukan aktivitas bisa menyebabkan berat badan naik karena tubuh kita tidak mengeluarkan keringat untuk membakar kalori. Jadi, lakukan aktivitas seperti jalan kaki selama beberapa menit atau berolahraga agar berat badan naik tidak ada pada tubuh Anda.